Konami Menutup Remake P.T. Buatan Fans

1316

Di tahun 2014 lalu, Konami meluncurkan sebuah playable teaser (lebih dikenal lewat singkatan P.T.) yang merupakan media promosi untuk Silent Hills, game hasil kerjasama antara Kojima Productions dengan sutradara film kondang Guillermo del Toro. Demo yang bisa diperoleh secara gratis di PlayStation Store langsung menjadi hit di kalangan pecinta game bergenre horor dan telah diunduh lebih dari 1 juta kali, namun akhirnya ditutup oleh Konami setelah proyek itu dibatalkan akibat hengkangnya Hideo Kojima dari perusahaan tersebut.

Banyak gamer menyayangkan keputusan tersebut karena meski memiliki “gameplay” yang sederhana, namun P.T mampu menghadirkan nuansa horor ala seri Silent Hill yang sangat kental. Hal ini mendorong banyak kalangan berusaha untuk “menghidupkan kembali” permainan tersebut, dan salah satunya adalah seorang indie developer berusia 17 tahun bernama Qimsar. Dengan menggunakan engine Unreal, ia me-remake permainan tersebut dan berencana untuk merilisnya di platform PC. Ia kemudian mengunggah alpha state dari P.T. ke Game Jolt, situs hosting service yang menyediakan freeware maupun commercial video game, dan mendapat sambutan hangat dari kalangan gamer – bahkan sempat menjadi viral.

Rupanya popularitas game tersebut sampai juga ke telinga Konami, di mana perwakilan mereka kemudian mengontak sang indie developer berkenaan dengan legalitas dari proyek yang tengah ia kerjakan, sehingga dengan terpaksa perusahaan tersebut harus menutup remake dari P.T. yang telah dikerjakannya selama lebih dari 180 jam. Kabar buruk tersebut disampaikan oleh Qimsar melalui sebuah blog; kabar yang sebenarnya sudah ia antisipasi di mana di awal-awal pengerjaannya, sang developer sendiri menyadari betul bahwa masalah copywright bisa membuat proyek yang ia kerjakan dihentikan sewaktu-waktu.

Walau begitu, penutupan remake P.T. ini ternyata mempunyai ending yang manis karena Konami, menurut penuturan Qimsar, menghargai proyek yang dikembangkannya dan bahkan disukai oleh para karyawan. Bukan hanya itu saja, di samping mengirimkan sejumlah video game dan merchandise sebagai bentuk apresiasi atas jerih payahnya selama ini, Konami bahkan memberikan kesempatan untuk bekerja secara magang di perusahaan tersebut. [Aseek]




One thought on “Konami Menutup Remake P.T. Buatan Fans

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.