Kreator Gears of War Berhenti Membuat Game

610

Cliff Bleszinski merupakan salah satu sosok terkemuka dalam dunia gaming lewat ciptaannya yakni Gears of War yang revolusioner. Tapi sayangnya, karirnya tidak bersinar lama karena setelah mengalami kegagalan bersama perusahaan barunya, pria yang juga dikenal dengan nama Cliffy B ini memutuskan untuk berhenti menciptakan game untuk selama-lamanya. Hal ini terungkap setelah seorang user “menyerang” Bleszinski lewat Twitter, karena tidak mendapatkan refund atas LawBreakers, game buatan studio ciptaannya yakni Boss Key yang tidak mampu meraup keuntungan di pasaran. Menanggapi cuitan tersebut, Bleszinski menyatakan bahwa jenis serangan semacam inilah yang menjadi “alasan lain kenapa saya TIDAK AKAN PERNAH membuat game lagi.”

Bleszinski juga menambahkan bahwa selama dua tahun dirinya tidak pernah mengambil gaji sedikit pun, dan uang yang terkumpul dari proyek LawBreakers digunakan untuk membiayai karyawannya selama berbulan-bulan, setelah Boss Key ditutup. Meski tidak lagi berkarya di dunia gaming, sebagai gantinya ia tengah menulis sebuah buku yang mengisahkan tentang kebangkitan dan kejatuhan perusahaan yang ia dirikan, Boss Key Productions.

Sekedar info, setelah meluncurkan Gears of War 3, Cliff Bleszinski memutuskan untuk hengkang dari perusahaan tempatnya bernaung yakni Epic Games di tahun 2012. Ia kembali berkecimpung di dunia gaming di tahun 2014 lewat studio barunya yakni Boss Key, dengan LawBreakers sebagai proyek pertamanya, permainan berjenis arena shooter yang dirilis tanggal 8 Agustus 2017 lalu.

Sayangnya, meski mendapat animo yang baik dari kalangan gamer, Boss Key menyatakan bahwa bahwa game tersebut tidak mampu menghasilkan dana yang cukup untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Hal itu membuat server-nya dinonaktifkan pada tanggal 14 September 2018. Tidak hanya itu, proyek kedua Boss Key yang berjudul Radical Heights yang mengadopsi sistem permainan battle royale juga gagal di pasaran, karena dipandang hanya mendompleng popularitas Fortnite atau PUBG saja. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.