Kuy, Belajar Membuat Game Sendiri Bareng Game Builder Garage!

175

Bicara mengenai kreativitas, Nintendo sering menciptakan produk-produk yang sangat kreatif. Lihat saja Nintendo Labo, game yang sukses menyertakan interactive model kit ke dalam sistem permainannya. Atau seri Super Mario Maker, di mana gamer ditantang untuk menciptakan level permainan sendiri. Kini mereka menyiapkan proyek lain yang tidak kalah menarik untuk Nintendo Switch, yakni Game Builder Garage.

Game Builder Garage memungkinkan gamer untuk menciptakan game sendiri dengan genre sesuai keinginan. Mulai dari action, platformer, kart racing, first-person shooter; pokoknya semua (menurut Nintendo) bisa dimungkinkan. Caranya pun sangat mudah: kalian hanya perlu menghubungkan makhluk-makhluk bernama Nodon yang akan membantumu membuat game dari tahap awal.

Setiap Nodon memiliki fungsi uniknya tersendiri, dan dengan menghubungkannya dalam berbagai cara maka kalian bisa mempelajari dasar-dasar pembuatan game. Contoh, dengan menghubungkan Stick Nodon dengan Human Nodon, gamer bisa membuat karakter yang bergerak layaknya manusia biasa. Selain itu, kalian bisa menentukan kontrol, fungsi setiap tombol, interaksi dengan beragam obyek, dan lain sebagainya.

Tersedia dua mode yang bisa gamer pilih ketika memulai permainan. Pertama adalah Lesson Mode, di mana kalian bisa mempelajari dasar-dasar visual game programming. “Pelajaran” yang diberikan didesain sedemikian rupa sehingga terasa fun dan mudah dicerna. Bila sudah paham, kita tinggal memilih Free Programming Mode dan menerapkan semua yang sudah dipelajari menjadi sebuah game. Jika masih bingung, mode tersebut memiliki sejumlah game dalam berbagai genre yang bisa kalian pelajari.

Selain mencoba permainan yang sudah dikembangkan, kalian dapat membagikan produk buatanmu atau mengunduh game ciptaan user lain. Gamer bisa melakukannya via online maupun local wireless connection. Di samping memakai Joy-Con (atau controller lain), kalian bisa memakai mouse yang kompatibel untuk mengoperasikan Game Builder Garage. Mudah sekali, bukan?

Nick Chavez dari Nintendo of America berkomentar “Bagi yang ingin menciptakan video game sendiri, Game Builder Garage jadi tempat yang tepat untuk memulai. Lewat pelajaran terpandu dan karakter Nodon yang menarik, Game Builder Garage membantu membuat video game terasa sama menyenangkan seperti memainkannya!” [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.