Layers of Fear – Not exactly scary, but quite disturbing

1180

Hadirnya monster maupun makhluk yang mengerikan dalam sebuah game horor jadi hal yang sangat dinantikan, karena dapat meningkatkan nuansa seram dari game tersebut. Namun jika hal ini yang kalian harapkan ada dalam Layers of Fear, bersiaplah untuk kecewa karena meskipun ada hantu-hantu gentayangan yang siap membunuhmu, bertemu dengan mereka sendiri lebih bergantung kepada faktor keberuntungan. Tapi bagi yang menyukai permainan dengan nuansa horor yang dibangun secara perlahan-lahan, kelihatannya game ini bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Screen Layers of Fear 10

In a Haunted House
Dengan premis yang sederhana di mana kalian bermain sebagai pelukis yang harus menyelesaikan karyanya, dalam sebuah rumah angker yang dipenuhi dengan beragam keanehan – semuanya akan kalian alami selama menjelajahi setiap sudut dari rumah tersebut. Di sinilah unsur horor mulai terasa. Tidak hanya itu, dari berbagai benda yang terdapat di rumah tersebut masa lalu si pelukis yang (ternyata) kelam sedikit demi sedikit akan terurai…

Seperti dalam game horor pada umumnya, Layers of Fear juga menghadirkan tantangan-tantangan yang seru dan juga beragam jump scare yang dapat memacu adrenalin meski hanya sesaat, yang biasanya muncul saat gamer berusaha untuk menyelesaikan puzzle. Dan makin jauh kita bermain maka gamer akan dibingungkan dengan beragam ilusi, seperti munculnya pintu atau lorong yang sebelumnya tidak ada hingga distorsi-distorsi, yang membuat persepsi kita akan “mana yang nyata dan khayalan” semakin kabur. Puncaknya akan terjadi setelah gamer menyelesaikan lukisanmu, tapi…sebaiknya kalian simak sendiri saja deh.

gb_Wall Layers of Fear 01

Dan dari sisi grafis, Layers of Fear bisa dikatakan sebagai game yang mantap karena penggambaran detil keadaan rumah dan benda-benda seni yang mengisinya sangat baik, walau dalam beberapa tempat terkesan suram dan gelap. Namun sayang, hal itu tidak bisa membantu permainannya yang di beberapa bagian terasa hambar. Selain itu, game ini tidak memiliki replay value sehingga memberikan motivasi bagi gamer untuk mengulang permainan setelah menamatkannya, meskipun didukung oleh sistem achievements yang dapat di-unlock.

Layers of Fear mampu menakuti para pemain secara psikologis lewat nuansa horor yang dibangun secara perlahan-lahan, bukan dari kejaran monster-monster menyeramkan. Game ini menawarkan pengalaman bermain yang seru meski tidak bisa dibilang menakjubkan.

Screen Layers of Fear 14

Total Skor: 7/10

Publisher: Aspyr Media
Developer: Bloober Team
Genre: Survival-Horror
Jadwal Rilis: Februari 2016
Platform: PC, PS4, XONE




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.