League of Legends Siap Meluncur ke Smartphone?

229

Beberapa waktu lalu, muncul kabar yang menyatakan bahwa Respawn Entertainment, akan membawa game garapannya yakni Apex Legends ke mobile platform. Langkah ini dilakukan demi memperoleh masukan tambahan, setelah popularitasnya di PC mulai menurun. Dan kini, terdapat satu developer lain yang diberitakan akan mengambil langkah serupa. Pihak yang dimaksud adalah Riot Games, yang dikabarkan akan memboyong League of Legends (LoL) ke ranah smartphone.

Kabar itu datang dari Reuters, yang menyatakan bahwa Riot menggandeng Tencent Holdings Ltd, untuk mengembangkan LoL versi mobile di Tiongkok. Berdasarkan narasumber mereka, disebutkan bahwa game tersebut sudah berada dalam tahap pengembangan, selama lebih dari satu tahun. Meski begitu, sumber lain menyatakan bahwa kecil kemungkinan, kalau League of Legends versi mobile ini akan diluncurkan tahun 2019.

Meski pernah merajai genre MOBA (Massive Online Battle Arena) bersama Dota, popularitas LoL makin menurun seiring dengan berjalannya waktu. Reuters mengatakan bahwa berdasarkan data provider Statista, League of Legends mendapat perolehan $1.4 milyar di tahun 2018 lalu. Meski cukup besar, tapi jumlahnya menurun 21% dibanding tahun sebelumnya. Melalui versi mobile ini, diharapkan revenue perusahaan bisa kembali meningkat, mengingat tingginya popularitas game itu di Negeri Tirai Bambu.

Dalam laporannya, Reuters menyebutkan bahwa bertahun-tahun lalu, Tencent pernah mengajukan proposal pada Riot untuk mengembangkan League of Legends untuk mobile. Karena ditolak, akhirnya mereka membuat MOBA sendiri yakni Honour of Kings (alias Arena of Valor), untuk kawasan Tiongkok.

Meski berhasil meraih sukses, hal ini menyebabkan terjadinya ketegangan antara kedua pihak. Dan kerja sama untuk membawa League of Legends ke ranah mobile, menandakan membaiknya hubungan mereka.

Hingga sekarang, baik Riot Games maupun Tencent tidak bersedia memberikan komentar apapun mengenai hal tersebut. Jadi, benar atau tidaknya berita yang disampaikan Reuters, belum bisa dipastikan. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.