Lebih Dari 5000 Player Final Fantasy XIV Terkena Ban

103

Pemain yang curang menjadi persoalan yang dihadapi oleh semua game bergenre MMO, termasuk Final Fantasy XIV. Belakangan, Square Enix selaku publisher membeberkan bahwa mereka telah mem-banned pemain FFXIV dalam jumlah cukup besar. Alasannya? Mereka diketahui melakukan transaksi dengan menggunakan uang nyata alias real money trading (RMT).

Lewat sebuah post, Square Enix memberitakan bahwa mereka telah menggelar investigasi antara tanggal 25 Februari hingga 3 Maret 2021. Berdasarkan hasil penyelidikan, lebih dari 5000 akun milik player Final Fantasy XIV telah dihentikan. Para pemain itu diketahui melakukan perdagangan memakai uang asli, serta berbagai aktivitas ilegal lainnya. Sementara 814 pemain terkena ban karena mengiklankan RMT.

Square Enix mengatakan “Perdagangan uang nyata (RMT) dan aktivitas ilegal lainnya mengganggu keseimbangan permainan, dengan demikian, dilarang berdasarkan Persyaratan Layanan.” Mereka menambahkan “Player yang menemukan kecurangan yang telah dikonfirmasi seharusnya, dalam keadaan apa pun, mengeksploitasi atau menyebarkan informasi tersebut.”

Sang publisher juga meminta bantuan player lain yang menemukan aktivitas RMT untuk melaporkannya melalui in-game command. Caranya dengan memilih opsi [System Menu] -> [Support Desk] -> [Contact Us], lalu [Report Cheating]. Hal serupa juga bisa dilakukan via chat log dengan memilih opsi [Report] -> [Report RMT Activity]. Semua laporan yang masuk akan segera ditindaklanjuti untuk memastikan kebenarannya.

Final Fantasy XIV jadi salah MMORPG yang mempunyai fanbase cukup besar. Hadirnya ekspansi Shadowbringers di tahun 2019 lalu yang menyediakan beragam konten menarik, dimanfaatkan oleh sejumlah player untuk mencari keuntungan. Berbagai produk in-game pun dijadikan komoditas dagang, yang melibatkan uang nyata – yang jelas-jelas ilegal dalam Persyaratan Layanan FFXIV.

Dalam waktu dekat, Square Enix akan meluncurkan expansion terbarunya yakni Endwalker. Sebagai penutup dari story arc Hydaelyn dan Zodiark, ekspansi ini bakal membawa peperangan ke jantung Garlean Empire. Info selengkapnya bisa dilihat di sini.

Final Fantasy XIV: Endwalker dijadwalkan untuk rilis sekitar musim gugur nanti. Selain di PlayStation 5, expansion tersebut juga bakal hadir di PlayStation 4 serta PC. Pada 13 April mendatang, akan digelar open beta Final Fantasy XIV khusus untuk PS5 bersama dengan patch 5.5. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.