by Muhammad Ilham in
Feature News

Banyak dari kita, mungkin yang sekarang sedang berada di umur 20-30 tahun, PlayStation (PS) 1 menjadi konsol game pertama yang kita pernah miliki atau mainkan. Konsol yang identik dengan warna abu-abunya yang memiliki dua model bentuk ini pernah menjadi salah satu cerita dalam banyaknya perjalanan hidup kita.

Zaman dahulu, warung internet (warnet) belum menjadi salah satu tempat bermain yang ramai dikarenakan masih sedikit sekali warnet yang ada. Maka dari itu, selain kita sepak bola, benteng, dan petak umpat, terdapat salah satu wahana yang menjadi favorit anak-anak kala itu, rental PS.

Baca juga:

5 GAME PUZZLE TERBAIK UNTUK ANAK-ANAK MENURUT GAMESTATION
LIMA GAME OPEN WORLD YANG MASIH SERU UNTUK KALIAN MAINKAN SEKARANG
MENOLAK MATI! INILAH LIMA GAME WARNET ZAMAN DULU YANG MASIH BISA KALIAN MAINKAN

PS1 kala itu juga banyak dijumpai di rental PS manapun. Bahkan, beberapa anak-anak rela untuk membeli memory card (MC) sendiri agar save-an mereka tidak tertimpa dengan data pemain lainnya di rental tersebut.

PS 1
Bentuk-bentuk dari PS1

Namun, saat ini, PS1 hanyalah tinggal kenangan saja. Teknologi yang semakin canggih, ditambah game-game saat ini semakin tinggi dan berat, membuat Sony Entertainment selaku developer dan publisher dari PS1 harus men-upgrade produk mereka. Maka dari itu, muncul PS2, PS3, PS4, bahkan yang terbaru saat ini, PS5.

Selain itu,Kehadiran banyak platform untuk bermain game seperti Xbox, smartphone, dan PC membuat PS1 hanya diingat oleh beberapa orang saja yang mungkin dahulunya pernah memiliki produk dan kenangan tentang konsol ini.

Gameplay yang menarik dengan jalan cerita yang seru membuat sebagian game yang hadir di PS1 masih terpatri dengan kuat diingatan pemainnya. Meskipun gameplay dan grafiknya sudah ketinggalan zaman, beberapa game mungkin perlu dibuatkan remake-nya. Alasan utamanya adalah untuk bernostalgia serta melihat bagaimana jika game dahulu dibuatkan remake-nya dengan grafik serta gameplay yang jauh lebih baik.

Beberapa game seperti Crash Team Racing (CTR), Gran Turismo (GT), dan Tony Hawk Pro Skater (THSP) mungkin sudah dibuatkan versi remake-nya dan benar gamenya sangat membuat kita nostalgia dengan variasi grafik yang lebih mumpuni. Namun, tentunya kita masih ingin dan menunggu beberapa game lainnya untuk dibuatkan versi remake-nya.

Kali ini, GameStation akan memberikan rangkuman lima game legendaris dari PS1 yang perlu dibuatkan remake-nya di PS5 ataupun platform lainnya seperti Xbox ataupun PC.

Pepsiman

Pasti kalian sangat kesal jika game tersebut berisikan iklan-iklan, betul? Apalagi jika iklan tersebut mengganggu tampilan dan jalan cerita dari game tersebut, tentunya akan sangat menyebalkan sekali.

Namun, pengecualian bagi game legendaris satu ini. Yah, betul, Pepsiman, sebuah game yang benar-benar menjadikan iklan sebagai jalan ceritanya dengan tujuan untuk mempromosikan produk minuman ternama, Pepsi. Game ini hampir dipastikan dimiliki atau pernah dimainkan oleh seluruh orang yang pernah memainkan PS1.

Pepsiman sendiri merupakan sebuah game dengan mengusung konsep action game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh KID. Pepsiman sendiri lahir pada 4 Maret 1999 di Jepang.

Cara bermain game ini sangatlah mudah, kalian hanya perlu melewati beberapa rintangan dan tantangan yang ada di jalan kalian. Tujuannya adalah untuk bisa pergi ke Pepsi Vending Machine atau mesin minuman Pepsi. Namun, terdapat beberapa stage yang tujuan akhirnya tidak pergi ke tempat itu.

Lucu, seru, menyebalkan, dan memusingkan adalah kata yang tepat untuk menjelaskan game ini. Pastinya, kita masih berharap untuk bisa melihat game ini di-remake dengan grafik dan gameplay yang lebih baik.

Nascar Rumble

Dahulu, selain GT dan CTR, kita juga diberikan pilihan game balap mobil yang tidak kalah serunya dan menyenangkan, yakni Nascar Rumble. Memang game yang menggunakan power-up kala itu banyak, contohnya adalah CTR dan Mario Kart. Namun, jika berbicara mengenai pendekatan yang unik, tentunya tidak ada yang bisa mengalahkan Nascar Rumble.

Sesuai dengan namanya, game ini merupakan spin off dari game Nascar yang digabungkan dengan power-up layaknya Mario Kart. Electronic Arts (EA) selaku pengembang dan penerbit dari game ini berhasil untuk menyajikan game balap mobil dengan power-up yang terbaik.

Series Nascar Rumble muncul juga di PS2 dengan nama Rumble Racing. Namun, jika disuruh memilih, Nascar Rumble tentulah yang terbaik. Kita semua berharap EA dan pengembangnya EA Redwood Shores yang sekarang menjadi Visceral Games, melakukan remake untuk game ini.

Twisted Metal

Semua orang yang pernah memainkan konsol PS1 tentunya paham dengan game satu ini. Twisted Metal, sebuah game yang mengusung konsep battle royale dengan menggunakan mobil dan identik dengan badut menyeramkan bernama Sweet Tooth.

Sebelum sekarang semua publisher berlomba-lomba untuk membuat dan mengembangkan game dengan konsep battle royale, Twisted Metal terlebih dahulu memulainya. Konsepnya pun sama, siapa yang berhasil mengalahkan lawan-lawannya, dia lah yang menjadi pemenangnya. Akan tetapi, yang membedakan adalah, Twisted Metal menggunakan mobil sebagai karakternya.

Berbagai macam senjata seperti machine gun, nuklir, napalm, flamethrower, dan lain-lain hadir di game ini. Tentunya, badut dengan kepala yang terbakar, Sweet Tooth, tetap menjadi icon di game ini.

Game ini hadir di PS1 hingga lima series, mulai dari Twisted Metal 1, 2, 3, 4, hingga Small Brawl. Series dari Twisted Metal ini juga hadir di PS2 dengan Twisted Metal: Black, Twisted Metal: Head-On di PSP, dan Twisted Metal di PS3.

Akan tetapi, setelah itu, game ini tidak kembali hadir. Kita tentunya berharap game ini akan kembali hadir dengan grafik dan gameplay terbaru yang lebih seru, menegangkan, serta karakter baru.

Bishi Bashi

Terdapat banyak game di dalam game? Bishi Bashi jagoannya! Game bergenre mini-games kompetitif ini tentunya sering sekali dimainkan oleh para pemain PS1 untuk dimainkan bersama teman-teman.

Setelah kemunculan PS2, game-game bersifat kompetitif mungkin kehilangan pamor dan peminatnya. Namun, dengan munculnya game Fall Guys, tentunya kita berharap game seperti Bishi Bashi kembali muncul dengan versi remake-nya. Diharapkan, dengan muncul kembalinya game Bishi Bashi di PS5 ataupun konsol apapun, kita bisa mengembalikan sensasi menyenangkan ketika bermain game.

Harvest Moon: Back to Nature

Terakhir, sudah dipastikan, Harvest Moon: Back to Nature adalah game yang diinginkan hampir semua orang yang memainkan PS1 untuk dibuatkan remake-nya. Natsume selaku pengembang dan pembuat sangat berhasil untuk menciptakan game yang tidak memiliki akhiran seperti Harvest Moon: Back to Nature kala itu.

Game ini sangatlah mudah, kalian berperan sebagai seorang lelaki, yang baru saja pindah ke desa untuk mengelola lahan kakeknya. Kalian harus bercocok tanam, mengembang biakkan ayam, sapi, dan domba. Selain itu, kalian bisa membesarkan kuda, mengikuti rangkaian acara di desa tersebut, bahkan menikah.

Natsume sendiri sering membuat versi untuk game ini seperti Harvest Moon: A Wonderful Life dan Save the Homeland (PS2), Harvest Moon: The Lost Valley dan Skytree Village (Nintendo 3DS), yang terbaru, Harvest Moon: One World (Nintendo Switch, PS4, PC, dan Xbox One), dan masih banyak lagi. Akan tetapi, tidak ada satupun series lanjutannya yang bisa mengalahkan Harvest Moon: Back to Nature.

Itulah lima game legendaris PS1 yang kita harapkan akan hadir versi remake-nya. Apakah kalian setuju dengan list di atas? Atau kalian punya list yang berbeda?

Share Post:

Related Posts