LINE Usung Transformasi Digital, Manfaatkan Teknologi Artificial Intelligence

288

Tokyo, Jepang, 29 Juli 2020 – Pada gelaran acara LINE AI DAY 2020 yang digelar secara virtual hari ini, LINE Corp. mengusung transformasi digital guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI). Melalui salah satu sesi yang diselenggarakan, Transformasi Digital (DX) telah menarik perhatian berbagai kalangan karena praktik pengaplikasian AI dan IoT. Sejumlah perusahaan rekanan telah memanfaatkan teknologi AI dari LINE untuk menopang transformasi digital mereka.

Teknologi AI milik LINE, LINE AiCall, akan dimanfaatkan untuk menciptakan layanan reservasi di restoran. Teknologi ini dapat secara otomatis menerima dan mengonfirmasi reservasi dengan menjawab panggilan telepon yang masuk. Tidak seperti mesin penjawab telepon biasa, teknologi ini dapat mengenali suara pelanggan dan memberikan respon yang tepat. Di masa yang akan datang, industri restoran bisa menggunakan teknologi ini jika mereka ingin menggunakan AI untuk layanan reservasi mereka.

Di Jepang, industri pengantar makanan naik pesat selama pandemi COVID-19 ini, seperti yang dikonfirmasi oleh perusahaan Demae-Can yang diakuisisi oleh Naver Corp., menyebutkan jika industri ini meningkat sebanyak 1,5 kali lipat jika dibandingkan masa sebelum pandemi. Ketersediaan teknologi ini memungkinkan industri restoran di Jepang menjalankan manajemen yang lebih efektif.

Sebagai tambahan, LINE juga mengaplikasikan teknologi AI untuk kehidupan sehari-hari pengguna lainnya di masa saat ini. Contohnya adalah dengan memperkenalkan layanan panggilan AI untuk tempat-tempat karantina pasien COVID-19, dan juga untuk pemrosesan dokumen imigrasi di bandara dengan teknologi OCR.

Rebranding “Clova” dan “LINE BRAIN” sebagai “LINE CLOVA”
Pada LINE AI DAY 2020 ini, diumumkan juga perubahan “Clova” dan “BRAIN” yang kini menjadi lebih terintegrasi dengan layanan yang diperkuat, menjadi “LINE CLOVA.”

Pada awalnya, bisnis AI LINE dimulai dengan peluncuran “Clova,” asisten AI yang fungsional bagi pengguna. LINE kemudian mengembangkan “LINE BRAIN” yang menyediakan teknologi AI kelas dunia, yang diterapkan pada sejumlah layanan seperti pengenalan karakter dan gambar, analisis video, sintesis dan pengenalan suara.

LINE selalu berupaya untuk menyediakan keamanan yang bisa mendukung segala kebutuhan pengguna, bersama-sama dengan layanan yang dapat turut serta membantu setiap perusahaan dan pemerintah lokal. Oleh karena itu, rebranding “Clova” dan “LINE BRAIN” ini diharapkan dapat mengeliminasi segala hambatan yang dapat ditemui dalam bisnis dan teknologi AI.

Melalui misinya “CLOSING THE DISTANCE,” LINE akan terus berupaya untuk mengembangkan beragam layanannya demi meningkatkan kualitas hidup manusia. Salah satunya melalui pengembangan bisnis AI di LINE, yang hadir untuk berbagai layanan yang dapat memperkaya serta membantu kehidupan sehari-hari penggunanya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.