Mario Kart Tour, Free to Play Tapi Hadirkan Monetization

89

Mulai tanggal 22 Mei kemarin, Nintendo telah menggelar closed beta test bagi Mario Kart Tour, untuk perangkat Android. Sejumlah player beruntung yang telah mendaftarkan diri, berkesempatan memainkan game Mario Kart pertama yang dikembangkan khusus untuk smartphone. Namun, meski info mengenai closed beta ini seharusnya rahasia, sejumlah peserta membeberkan detail mengenai game itu. Salah satunya adalah kehadiran fitur monetization yang cukup membuat frustasi!

Dari segi gameplay, permainan ini tidak jauh berbeda dengan game Mario Kart lainnya, namun dengan kontrol yang lebih sederhana. Karena akselerasi berjalan secara otomatis, pemain hanya perlu melakukan drag pada layar smartphone untuk mengendalikan kart milikmu. Sementara dengan melakukan tap, kalian bisa memakai power-up yang didapat dari Item Box, seperti Green Shell, Mushroom, dan lainnya. Sederhana, bukan?

Meski bersifat free to play, Mario Kart Tour menampilkan fitur monetization yang cukup mengkhawatirkan. Game ini menampilkan gem sebagai mata uang premium, untuk mendapatkan beragam hal baru seperti driver, kart, glider, dan lain-lain. Tetapi karena sifatnya random, kalian tidak bisa memastikan obyek apa yang akan didapatkan.

Dan karena sejumlah driver memperoleh keuntungan ketika bermain di track tertentu, maka pemain dipaksa untuk mendapatkan karakter sebanyak mungkin. Hal itu membuat pemain harus melakukan grinding demi mendapatkan gem, yang dibutuhkan untuk memperoleh semua unlockables.

Sayangnya, Mario Kart Tour memiliki sistem stamina yang membatasi berapa lama gamer bisa bermain setiap jamnya. Jika sudah habis, kalian bisa menunggu sampai energi kembali terisi, atau membayarkan sejumlah gem untuk melanjutkan permainan.

Perlu diperhatikan bahwa versi yang tersedia sekarang masih berbentuk beta. Jadi, besar kemungkinan Nintendo akan melakukan sejumlah perubahan pada fitur permainan, berdasarkan feedback dari para pesertanya. Closed beta test ini bakal berlangsung hingga tanggal 4 Juni mendatang.

Menurut rencana, Mario Kart Tour dapat dimainkan di perangkat Android dan iOS. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.