Mega Man Zero Series – The adventures of the Maverick-hunting swordsman

1058

Kata Pengantar

Pada awalnya Zero hanyalah secondary character dalam Mega Man universe, tapi keunikan yang dimilikinya – utamanya keahlian bertarung dalam jarak dekat berkat pemakaian Z-Saber sebagai senjata utamanya – membuatnya menjadi sosok yang ikonik. Hal itulah yang membawanya menjadi tokoh utama dalam sejumlah seri, utamanya Mega Man Zero atau dikenal sebagai Rockman Zero di Jepang.

Art Mega Man Zero 3 01

Story Overview

Kisah dalam seri Mega Man Zero berlangsung setelah seri Mega Man X berakhir. Setelah Sigma dikalahkan, Zero – kemungkinan untuk menghilangkan virus di tubuhnya – menyegel diri sendiri, sesuai dengan ending dalam Mega Man X6. Sebagai catatan, ending ini sebenarnya dibuat untuk mengakhiri seri Mega Man X, tapi karena banyaknya permintaan fans maka Capcom pun meneruskan seri tersebut hingga sekarang. Pada masa inilah para ilmuwan mengembangkan teknologi Cyber-Elf, sejenis AI yang dipercaya menjadi kunci untuk menghentikan Maverick Wars, peperangan dahsyat antara Reploids dengan Mavericks yang dipimpin oleh Sigma. Dan kunci untuk teknologi ini hadir dalam bentuk Mother Elf, penguasa semua Cyber-Elf, yang kemudian dipakai oleh sang tokoh utama, X.

Sayangnya, Dr. Weil mencuri Mother Elf dan merubahnya menjadi Dark Elf yang berbahaya sehingga memicu pecahnya peperangan berjuluk Elf Wars, yang menyebabkan musnahnya 90% Reploids dan 60% umat manusia di dunia. Bahkan ia mencuri tubuh orisinal Zero dan merubahnya menjadi sesosok Reploid raksasa yang dinamakan Omega!! Hal ini memaksa X untuk menciptakan tubuh baru bagi Zero agar mereka bisa mengalahkan Weil beserta rekan-rekannya, di mana X kemudian memakai tubuhnya sendiri untuk menyegel Dark Elf demi mengakhiri peperangan tersebut. Setelah mengasingkan Dr. Weil dan Omega, Zero pun kembali menyegel dirinya setelah Elf Wars berakhir.

Pada masa inilah seorang ilmuwan bernama Ciel menciptakan Copy X untuk menjaga keamanan kaum Reploids dan umat manusia yang berada di Neo Arcadia, setelah X yang asli menghilang secara misterius. Tapi bukannya menjadi pelindung bagi semua pihak, Copy X justru menyatakan bahwa sejumlah besar Reploids yang tidak bersalah sebagai Maverick dan memburu mereka satu per satu. Untuk melaksanakan tugasnya, Copy X pun mendapat bantuan dari keempat penjaga lainnya yang dikenal sebagai Four Guardians yakni Sage Harpuia, Fighting Fefnir, Fairy Leviathan, dan Hidden Phantom. Hal ini memaksa manusia untuk membentuk kelompok perlawanan bernama Resistance, dan selama periode inilah storyline dalam seri Mega Man Zero dimulai.

 

Mega Man Zero

Z1promo

Platform: Game Boy Advance (2002)

Inilah entri pertama dari seri Mega Man Zero yang dikembangkan oleh Inti Creates bagi handheld console Game Boy Advance. Ceritanya difokuskan pada Zero yang – setelah tertidur selama 100 tahun – terbangun dalam era di mana kaum Reploids dan umat manusia berada dalam bahaya besar. Walau banyak gamer menyatakan bahwa seri ini mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi, Mega Man Zero berhasil meraih sukses di pasaran dan bahkan menjadi game terlaris ketiga di Jepang. Sementara dari segi gameplay, kehadiran Cyber-Elf System yang bisa memberikan beragam upgrade bagi Zero kurang mendapat sambutan karena meski diakui bisa mempermudah permainan, hal itu justru mengurangi tantangan yang dimiliki oleh game tersebut.

Menurut ceritanya, ilmuwan muda bernama Dr. Ciel menemukan lokasi Zero dan menghidupkan kembali sang Maverick Hunter legendaris. Setelah mendapatkan info mengenai kondisi dunia saat ini yang mengalami kekacauan serta dalang di balik peristiwa tersebut (yakni Copy X), Zero pun setuju untuk membantu Resistance. Selama dalam perjuangannya ia selalu dibantu oleh sesosok misterius, salah satunya adalah menerima Z-Saber yang menjadi senjata andalannya. Setelah mengalahkan Four Guardians dan bahkan Copy X sendiri, akhirnya gamer mengetahui bahwa sosok misterius yang selalu menolong Zero adalah X orisinal, yang kini ia hadir dalam bentuk roh semata. Sebagai misi terakhir, ia pun meminta Zero untuk menggantikan tugasnya sebagai penjaga perdamaian di dunia.

Screen - Mega Man Zero 1 04

Gameplay yang digunakan oleh Mega Man Zero masih sama dengan seri Mega Man X – utamanya dalam pergerakan karakter – di mana Zero bisa menyerang lawan memakai Z-Saber atau Buster Shot, plus 2 senjata baru yakni Shield Boomerang dan Triple Rod. Gamer dapat meningkatkan level setiap senjata melalui pemakaian secara terus-menerus untuk meningkatkan damage atau jangkauan serangannya. Berbeda dengan seri sebelumnya, kita tidak akan memperoleh senjata khusus setiap kali mengalahkan satu boss character – yang menjadi kelemahan bagi boss tertentu. Sebagai gantinya, terdapat 3 Elemental Chip (Thunder, Fire, Ice) yang bisa diperoleh dengan mengalahkan 3 boss character, dan bisa digunakan untuk mengalahkan musuh tertentu dengan mudah.

Fitur utama dalam Mega Man Zero adalah hadirnya sejumlah Cyber-Elf yang bakal di-drop oleh musuh tertentu, atau ditemukan di berbagai lokasi tersembunyi. Terbagi ke dalam 3 kategori utama yaki Nurse, Animal dan Hacker, setiap Cyber-Elf memberikan upgrade berbeda bagi Zero seperti meningkatkan vitality, menambah defense, melambatkan waktu, dan masih banyak lagi. Beberapa di antaranya dapat berevolusi sehingga memberikan efek upgrade yang lebih baik jika pemain memberikan sejumlah Energy Crystal, namun perlu diperhatikan bahwa pemakaian Cyber-Elf memiliki konsekwensi tersendiri (baca Info Gamer berjudul Understanding Cyber-Elves).

 

Mega Man Zero 2

megaman_zero_2_playthrough_by_soulart10-d58qjo3

Platform: Game Boy Advance (2003)

Satu tahun kemudian, Inti Creates merilis sequel-nya yakni Mega Man Zero 2 yang berhasil meraih sukses dalam waktu cukup singkat. Bayangkan saja, meski dalam minggu pertamanya hanya menempati posisi ke-7 dalam jajaran game terlaris di Jepang, di minggu berikutnya posisinya langsung melonjak ke peringkat pertama!! Walau secara garis besar permainan yang dihadirkan tidak jauh berbeda dengan versi pertamanya, banyak gamer memberikan respon positif terhadap sejumlah fitur baru yang ditambahkan ke dalam game ini, salah satunya adalah kembalinya fitur untuk memilih level yang ingin dimainkan. Satu-satunya suara sumbang bagi Mega Man Zero 2 adalah tingkat kesulitan yang (masih tetap) tinggi.

Diceritakan bahwa selepas event dalam game pertamanya, Zero terus berjuang melawan pasukan Neo Arcadia  yang kini dipimpin oleh 3 dari Four Guardians (Sage Harpuia, Fighting Fefnir, dan Fairy Leviathan) yang ternyata masih hidup. Setelah pingsan karena kehabisan energi, ia ditolong oleh Sage Harpuia dan dibawa ke Resistance Base yang baru. Di sanalah Zero bertemu dengan Ciel serta Elpizo, pimpinan terbaru kelompok Resistance yang sangat berambisi untuk menghancurkan Neo Arcadia. Tapi setelah rencana penyerangan yang ia buat (yakni Operation Righteous Strike) mengalami kegagalan, Elpizo – dalam usahanya mendapatkan kekuatan besar agar menjadi pahlawan bagi umat manusia – berpaling pada kekuatan terlarang yang dimiliki Dark Elf.

Screen - Mega Man Zero 2 04

Berkat bantuan dua Baby Elf yang dicurinya dari Ciel, Elpizo berhasil menemukan tubuh X yang ternyata dipakai untuk menyegel Dark Elf dan menghancurkannya. Dengan menyerap Dark Elf ke dalam tubuhnya maka ia pun berubah menjadi Dark Elpzio yang mempunyai kekuatan dahsyat!! Namun semua kekuatan tersebut ternyata tidak bisa menandingi kemampuan dan keahlian sang Maverick Hunter legendaris, sehingga akhirnya Elpizo pun berhasil dikalahkan oleh Zero.

Meski tetap mempertahankan sistem permainan dari game sebelumnya, pihak developer menambahkan 2 fitur baru ke dalam gameplay-nya yakni Form System serta EX Skill. Dengan melakukan objective tertentu saat menjalankan satu misi, seperti memantulkan 30 proyektil atau menebas 20 musuh di udara memakai Z-Saber, kalian dapat membuka form baru bagi Zero yang memiliki keunikan tersendiri. Contohnya X Form yang meningkatkan damage dari Buster Shot, Power Form meningkatkan kekuatan serangan tapi gerakannya lebih lambat, dan lain sebagainya. Sementara EX Skill, diperoleh dengan mengalahkan boss character dan mendapatkan peringkat A, memungkinkan Zero untuk meng-equip berbagai serangan khusus.

 

Mega Man Zero 3

maxresdefault

Platform: Game Boy Advance (2004)

Kecintaan gamer yang besar terhadap seri ini mengantarkan Mega Man Zero 3, yang dirilis pada tahun 2004, menjadi game terlaris keempat di Jepang pada minggu awal perilisannya. Inkarnasi ketiga ini mengisahkan tentang kembalinya Dr. Weil, diawali dengan jatuhnya pesawat raksasa bernama Forbidden Ark – pesawat tempat Reploid raksasa bernama Omega diasingkan selama 100 tahun – yang memancarkan energi seperti milik Dark Elf, sehingga memancing perhatian Resistance serta Neo Arcadia. Dengan memanipulasi Copy X yang ia hidupkan kembali (lalu mengambil alih tampuk kekuasaan Neo Arcadia dari Harpuia), Weil berusaha memadukan Omega dengan Dark Elf sehingga ia mampu menguasai para Reploids dengan bebas.

Dengan susah payah – plus dibantu oleh ketiga Guardians yang ternyata masih hidup – akhirnya Zero berhasil mengalahkan Omega, namun sesosok Reploid yang sangat mirip dengan Zero muncul dari dalam tubuh lawannya tersebut. Pada saat itulah jagoan kita diberitahu oleh Weil bahwa dirinya hanya clone semata, karena tubuh aslinya telah Weil gunakan untuk membuat Omega (untuk lebih jelasnya, silahkan baca kembali bagian Story Overview). Setelah mendapat wejangan dari X bahwa meski hanya berupa clone namun ia mewarisi jiwa Zero orisinal, jagoan kita mengalahkan Omega untuk selama-lamanya, membebaskan Dark Elf dari kutukannya dan kembali menjadi Mother Elf. Tapi peperangan masih belum berakhir karena Weil masih menjadi penguasa absolut di Neo Acradia…

Screen - Mega Man Zero 3 04

Sekali lagi Mega Man Zero menggunakan gameplay yang serupa dengan para pendahulunya, tapi Inti Creates telah menambahkan banyak fitur baru yang lebih menarik. Pertama adalah kemunculan jenis Cyber-Elf baru yakni Satellite Cyber Elf yang tidak akan mati setelah digunakan dan dapat diaktifkan/dimatikan dengan bebas, di mana Cyber-Elf biasa sekarang dinamakan sebagai Fusion Cyber-Elf. Kedua, pihak developer telah merombak Form System dengan Customization Chip yang terbagi ke dalam 3 kategori yakni Head Chip, Body Chip serta Foot Chip, yang masing-masing memberikan efek tersendiri bagi jagoan utamamu. Selain itu, kini semua power-up penting (Cyber-Elf, Customization Chip dan lain-lain) tersimpan dalam beragam Secret Disk.

Sebagai tambahan, pemain dapat menemukan 7 mini-game yang bisa dimainkan setelah memenuhi persyaratan tertentu. Ada Zero mini-game yang menugaskanmu menghajar berbagai Mellnet yang datang dari 8 arah berbeda, Fefnir mini-game di mana kalian harus menembaki Carryarms yang berusaha mencuri box milikmu, menghancurkan beragam ikon elemen dengan memakai elemen kebalikannya dalam Copy X mini-game, dan masih banyak lagi.

 

Mega Man Zero 4

maxresdefault

Platform: Game Boy Advance (2005)

Perilisan Mega Man Zero 4 di tahun 2005 menjadi penutup bagi seri game ciptaan Inti Creates ini, membuatnya menjadi seri Mega Man pertama yang diakhiri secara resmi. Melanjutkan kisah dari game sebelumnya, Dr. Weil selaku penguasa Neo Arcadia memerintah dengan tangan besi sehingga umat manusia dan para Reploids hidup dalam kesengsaraan. Hal itu menyebabkan sekelompok manusia, yang dipimpin oleh Neige, nekat melarikan diri meski harus berhadapan dengan pasukan milik Weils. Setelah ditolong oleh Zero, Neige mengatakan bahwa mereka berniat untuk menuju Area Zero yang masih aman dari pengaruh kekuasaan Weil, sehingga Zero dan sejumlah anggota Resistance bersedia mengawal mereka ke tempat tujuan.

Di lokasi itu Zero berhadapan dengan pasukan elit milik Weils yakni Einherjar Eight Warriors, di mana dari mereka ia mendapat info mengenai Operation Ragnarok – operasi untuk menghancurkan Area Zero via laser dari satelit Ragnarok. Tapi Craft selaku pemimpin dari Eight Warriors ternyata malah mengkhianati tuannya sendiri dengan menembakkan laser, yang meluluh-lantakkan Neo Arcadia. Tapi setelah mengalahkan Craft dan seluruh anggota Eight Warriors, jagoan kita mendapati bahwa Weils telah menggabungkan dirinya dengan satelit Ragnarok dan berusaha menabrakkan dirinya dengan Area Zero!! Dalam pertarungan terakhir, Zero berhasil meledakkan satelit tersebut namun ia tidak berhasil melakukan teleport untuk kembali ke Bumi…

Screen - Mega Man Zero 4 03

Entri keempat dari Mega Man Zero ini menghadirkan perubahan yang cukup besar dalam bidang gameplay. Pertama adalah Cyber-Elf System yang lebih sederhana di mana Zero hanya dibekali satu Cyber-Elf saja, tapi mewarisi skill dari seluruh Cyber-Elf dari game-game sebelumnya. Dengan memberikan Energy Crystal, kita bisa meningkatkan ability-nya yang terbagi ke dalam 3 kategori yakni Nurse, Animal dan Hacker. Fitur customization lain yang tidak kalah uniknya adalah: untuk meningkatkan kemampuannya, Zero harus memadu-padankan beragam parts yang dijatuhkan oleh musuh. Dengan resep yang benar – bisa didapatkan dari NPC yang diselamatkan atau berbicara pada Croire – maka gamer dapat menciptakan beragam Head, Body dan Foot Chip yang memiliki kemampuan tersendiri.

Fitur baru lainnya yang ditampilkan dalam game ini adalah Weather System, di mana perbedaan cuaca bakal mempengaruhi level yang bakal kalian mainkan – bisa jadi lebih mudah atau sulit. Jadi tergantung dari kondisi cuacanya, sejumlah rintangan bisa menghilang, tersembunyi, atau bahkan memunculkan hambatan baru yang lebih berbahaya. Bermain dalam cuaca yang lebih ekstrim tentu lebih menyulitkan karena hal ini membuat sejumlah boss character jadi lebih tangguh, tapi dengan begitu mereka dapat melancarkan EX Skill yang bisa kalian pelajari. Hal tersebut membuat Mega Man Zero 4 memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi ketimbang para pendahulunya, tapi toh tetap disukai oleh kalangan gamer di seluruh dunia.

 

Did You Know?

  • Mega Man X awalnya menjadi penjahat utama dalam Mega Man Zero, bukan Copy X, tapi ide ini dibatalkan setelah munculnya rencana perilisan game Mega Man X6.
  • Dalam Mega Man Zero 2, Phoenix Magnion dapat “memanggil” bayangan beberapa boss character dari seri Mega Man X yakni Vile, Agile, Bit, dan Colonel.
  • Karena Omega memakai tubuh orisinal milik Zero (dari seri Mega Man X), maka Mega Man Zero 3 menjadi game pertama di mana 2 karakter dari timeline berbeda dipertemukan.

Info Gamer – Understanding the Cyber-Elves

Info Gamer - Understanding Cyber-Elves 01

Sebagai tambahan dari info yang telah dipaparkan dalam Story Overview, Cyber-Elf adalah sejenis AI yang terbuat dari energi murni yang diciptakan oleh para ilmuwan dengan meneliti tubuh Zero. Mereka dapat meningkatkan kemampuan para Reploid dalam battle dengan memberikan upgrade tertentu, seperti meningkatkan speed, tinggi loncatan, memunculkan lebih banyak Energy Capsule, dan lain-lain. Namun karena setiap Cyber-Elf terbuat dari energi maka pemakaiannya bakal menguras energi yang terdapat dalam tubuh mereka, dan hal tersebut akan menyebabkan kematian bagi Cyber-Elf yang dimaksud. Ironisnya, walau bisa meningkatkan kemampuan, memakai Cyber-Elf akan mengurangi rank milik Zero sehingga menyulitkannya untuk memperoleh EX Skill.

 

Info Gamer – Rockman Zero Manga

Info Gamer - Rockman Zero Manga 04

Di samping hadir dalam bentuk video game, Rockman Zero (judul untuk Mega Man Zero di Jepang) juga muncul dalam bentuk manga series yang dapat ditemukan di CoroCoro Comic, majalah bulanan terbitan Shogakukan. Diluncurkan hingga mencapai 3 volume, pada awalnya kisah dalam manga hasil garapan Hideto Kajima tersebut merupakan kelanjutan dari cerita dalam versi game-nya, tapi kemudian berkembang ke “arah” yang berbeda karena lebih menekankan pada unsur komedi dan aksi. Tidak hanya itu, berbagai perbedaan yang sangat signifikans bisa ditemukan dalam seri manga ini, salah satunya adalah Zero yang memiliki 2 kepribadian berbeda – satu memiliki sifat pengecut, sementara satu lagi sifatnya sama dengan Zero versi game-nya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.