Mega Sg, Konsol Lawas Kualitas High-End Dari Analogue

613

Gamer zaman now mungkin tidak mengenal Sega Mega Drive (dikenal sebagai Sega Genesis di Jepang), gaming console 16-bit buatan Sega yang eksis di tahun 1989. Meski kalah bersaing dengan Super NES milik Nintendo di Jepang, Mega Drive memiliki popularitas tinggi di kawasan barat, utamanya di Amerika Utara, Brasil dan Eropa. Dan di tahun 2018 ini, Analogue, Inc. yang bergerak di bidang penjualan video game hardware telah membangkitkan kembali konsol lawas tersebut melalui Mega Sg.

Menurut infonya, konsol tersebut tidak hanya bisa memainkan semua game cartridge untuk Sega Mega Drive/Genesis saja, tapi juga Sega Master System. Uniknya, berbeda dengan versi orisinalnya, Mega Sg dilengkapi dengan teknologi masa kini karena mampu menampilkan semua game dalam resolusi 1080p. Hal itu bisa dimungkinkan berkat pemakaian FPGA (field programmable gate array), sehingga Mega Sg dapat menampilkan apa yang dihasilkan oleh konsol orisinalnya tanpa bantuan emulation. Dan lewat penggunaan “retro-gaming video upscaling tercanggih di dunia” maka konsol buatan Analogue tersebut dapat menampilkan permainan yang tidak akan terganggu oleh lag, dan menampilkan warna-warna yang akurat.

 

Mega Sg dilengkapi dengan edge connector yang membuatnya dapat terkoneksi dengan Sega SD dan Mega CD. Bahkan di tahun 2019 nanti, Analogue menyatakan kalau konsol ini akan mendukung add-on yang memungkinkan gamer untuk memainkan semua game cartridge dari konsol buatan Sega lainnya seperti Mark III, Game Gear, Sega MyCard, SG-1000, serta SC-3000. Meski bisa dimainkan dengan memakai controller Sega Mega Drive/Genesis biasa, Analogue bekerjasama dengan perusahaan 8BitDo untuk menciptakan 8BitDo M30 wireless controller.

Analogue menawarkan Mega Sg dalam empat varian warna yakni USA, EU, JPN, dan White, sementara wireless controller 8BitDo M30 hanya mempunyai dua pilihan warna yakni hitam dan putih. Menurut info, konsol tersebut akan mulai dipasarkan pada bulan April 2019 dengan banderol harga US$189.99, sementara 8BitDo M30 akan dijual ke pasaran dengan harga US$24.99 mulai bulan Februari 2019. Gamer yang berminat sudah bisa melakukan pre-order melalui situs resminya. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.