Mengenal Game of Dice, Cara Menarik Bermain Monopoli

153

Siapa yang tidak mengenal Monopoli, permainan yang sudah ada sejak tahun 1900-an, dan terus berkembang hingga sekarang ini? Bahkan, dapat dibilang kalau permainan ini sudah melegenda dan dikenal oleh orang-orang di berbagai negara. Konsep dari game ini sangat mudah, yakni melempar dadu dan memindahkan pion sesuai dengan jumlah mata dadu. Kemudian, pemain dapat bertransaksi properti di kota di mana pion kalian berada. Tentu, game yang diproduksi oleh Parker Brothers ini terus menjadi salah satu permainan yang disukai semua kalangan.

Berkembangnya teknologi di era 2000-an membuat permainan-permainan yang ada turut berkembang, tidak terkecuali yang dimainkan menggunakan papan atau biasa disebut board game ini. Permainan yang awalnya hanya tersedia dalam berbentuk papan, dengan segala keterbatasannya, sekarang muncul dalam beragam jenis gawai, dan dapat dimainkan secara lebih leluasa. Tidak sedikit game developer yang menciptakan dan mengembangkan permainan berdasarkan Monopoli. Salah satunya adalah Game of Dice.

Game of Dice merupakan mobile game bergenre board game yang dibuat berdasarkan Monopoli. Game ini telah dirilis sejak 14 Oktober 2015, dikembangkan oleh JOYCITY Corporation. Pada dasarnya, sistem permainannya sama dengan Monopoli pada umumnya, tapi dimainkan memakai perangkat smartphone sehingga sistem permainannya lebih berkembang, membuat Monopoli terasa lebih menyenangkan dan seru.

Jadi, apa sih yang membedakan Game of Dice dengan Monopoli biasanya? Game ini berhasil mengembangkan board game yang terlihat monoton jadi lebih menarik, dengan tampilan yang unik, disertai beragam fitur yang membuat Monopoli terasa lebih sengit dan seru. Perbedaannya lain bisa dilihat dari bentuk papan yang berbeda, adanya item-item pendukung yang mempengaruhi kinerja pemain, juga pada beraneka mode permainan yang tersedia.

BENTUK PAPAN MONOPOLI YANG BERBEDA

Bentuk papan di Game of Dice berbeda dibanding permainan Monopoli pada umumnya, yang disesuaikan dengan formatnya yakni sebagai mobile game. Agar terlihat jelas dan lebih nyaman untuk digunakan, bentuknya bukan kotak berukuran 10 x 10 seperti pada umumnya. Bentuk papan permainan dari mode utama (disebut Basic Map) tampak seperti kerangka luar hasil penggabungan dari 2 kotak yang saling beradu.

MODE PERMAINAN

Dalam Game of Dice, terdapat 5 mode permainan utama yakni Solo, Friendly, Versus, Guild Match, dan Guild Conquest, plus satu mini-game. Pada mode pertama yakni Solo, pemain tidak perlu mencari lawan atau teman untuk bermain, menampilkan dua jenis permainan yakni Main Story, serta Sub Story untuk memberikan cerita di balik karakter-karakter yang terdapat dalam game.

Sementara mode Friendly dan Versus sebenarnya hampir serupa, di mana keduanya sama-sama dimainkan dalam satu dari 3 map yang tersedia. Yang membedakannya adalah: Friendly match tidak mempengaruhi JOY (mata uang in-game) yang dipunyai oleh pemain, sedangkan Versus match dapat mempengaruhi JOY yang dimiliki gamer.

Dalam mode Guild Match dan Guild Conquest, setiap Guild yang terdapat dalam Game of Dice akan diadu untuk membuktikan siapa Guild paling kuat.

KARAKTER DENGAN GAYA ANIMASI JEPANG

Karakter-karakter yang ada di Game of Dice sebagian besar merupakan manusia, tidak seperti permainan Monopoli biasa yang memakai barang atau kendaraan sebagai pion. Di sini, desain karakternya menggunakan gaya anime atau manga dari Jepang. Setiap karakter memiliki beberapa statistik kekuatan, yang dapat terus bertambah apabila di-enhance (naik level tetapi Grade tetap), dan di-upgrade (meningkatkan Grade). Untuk para pemain baru, mereka akan memperoleh karakter Alice yang dibekali keuntungan:

  • Bonus uang awal.
  • Mengurangi harga lolos dari penjara.
  • Menaikkan hasil mini battle.
  • Diskon pajak.
  • Menaikkan harga properti vacation.
  • Menaikkan harga kota.

ITEM-ITEM PENDUKUNG
Performa seorang pemain dan kemungkinan untuk memenangkan sebuah match dipengaruhi oleh adanya item-item pendukung, antara lain:

  • Dice

Game of Dice memberikan kesempatan kepada pemain untuk memiliki Dice alias dadu yang berbeda dari biasanya. Gamer dapat mengumpulkan Dice Fragment untuk mendapatkan sebuah dadu. Setiap Dice memiliki kekuatan masing-masing, di antaranya adalah peningkatan kontrol dadu, pemotongan pajak, dan lain sebagainya.

  • Skill Card

Skill Card adalah pengganti dari kartu “Dana Umum” dan “Kesempatan” pada permainan Monopoli biasa. Terdapat ratusan jenis kartu yang dapat memberikan keuntungan bagi para pemain, dan kerugian bagi lawan. Setiap kartu memiliki skill masing-masing, di mana semakin banyak jumlah bintang yang dimilikinya maka kualitas serta kekuatannya jadi lebih besar dan/atau menguntungkan.

Setiap gamer dapat membawa 3 Skill Card di awal permainan, serta 6 kartu cadangan yang akan diberikan secara acak pada putaran tertentu. Di setiap putaran, seorang pemain hanya boleh memegang 3 Skill Card, sehingga apabila mendapat satu kartu lagi maka ia harus memilih kartu mana yang ingin dipegang. Pemain hanya bisa memakai Skill Card saat gilirannya tiba.

  • Goods

Goods merupakan “lucky charm” seorang pemain. Dengan memakai satu atau beberapa charm, pemain bisa mendapat keuntungan berdasarkan Goods masing-masing. Setiap gamer dapat membawa 4 charm sekaligus dalam permainan. Namun, berbeda dengan Skill Card, pemain tidak dapat menentukan pada giliran ke berapa Goods bisa dipakai, karena akan diaktifkan secara otomatis.

Itulah beberapa keunikan yang membuat Game of Dice berbeda dengan permainan Monopoli pada umumnya. Meski mempertahankan sistem permainan tradisional, game ini menampilkan beragam inovasi sehingga gamer dapat merasakan sensasi berbeda saat memainkannya. Kini, Game of Dice jadi Editor’s Choice di Google Play Store atas pencapaiannya. So, tunggu apa lagi? Ayo, segera mencoba game dengan inovasi-inovasi yang luar biasa ini! [Felita Hanafi]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.