Seal Online
by Muhammad Ilham in
Feature News

Di era 2000-an awal, warung internet (warnet) menjadi pilihan bagi para anak-anak sekolah dan orang dewasa untuk sekedar internet dan tentunya bermain game online. Game-game seperti Ragnarok Online (RO), Counter Strike (CS) 1.6, Rising Force (RF) Online, dan Seal Online merajai setiap komputer yang ada di warnet.

Akan tetapi, semakin berkembangnya zaman, game-game ini semakin ditinggalkan oleh para penggemarnya. Ditinggalnya game-game dahulu mempunyai banyak alasan, ada yang dikarenakan sudah capek lantaran banyaknya cheat atau bug, sudah pensiun memainkan game tersebut, atau ID mereka sudah dijual dan tidak bermain kembali.

Baca juga:

Banyak sekali alasan para player mengapa mereka tidak bermain game-game tersebut. Namun, game-game dahulu tidak sepenuhnya mati, bahkan, ada beberapa yang masih tetap eksis meskipun berpindah-pindah publisher. Eksistensi game-game online zaman dahulu ini layaknya tak lekang oleh waktu.

Kali ini, kita akan memberikan informasi mengenai lima game warnet zaman dahulu yang masih bisa kalian mainkan. Kalian bisa memainkan game-game ini untuk sekadar nostalgia dan mengingat masa lalu ataupun memang untuk memainkannya kembali.

Point Blank (PB)
Point Blank

Game bergenre First-Person Shooter (FPS) dahulu menjadi ‘raja’ di hampir semua warnet yang ada. Hampir seluruh komputer di banyak warnet pasti memainkan game ini. PB merupakan game FPS yang memiliki sistem permainan yang sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Kalian juga bisa mengisi voucher PB untuk mencoba atau memainkan banyak senjata yang tersedia.

Meskipun banyak sekali drama di PB perihal publisher yang di mana Gemscool sebagai publisher awalnya, lalu pindah ke Garena, dan saat ini berada di bawah naungan Zepetto, game ini tetap eksis. Bahkan, masih ada content creator yang tetap menjadikan PB sebagai isi kontennya seperti Youtuber Cahwiguna.

Bagi kalian yang ingin kembali memainkan game ini, kalian bisa langsung ke situs resmi dari Zepetto.

RF Online
RF Classic Indonesia

RF Online merupakan game berbasis Massively Multiplayer Online Role-Playing Games (MMORPG) yang memiliki pemain yang sangat banyak dahulu. Hampir setiap orang yang dahulu merupakan anak warnet atau pernah bermain game di warnet, pasti pernah melihat atau memainkan game ini sekali seumur hidup.

Game RF Online menceritakan tiga bangsa (Accretia, Belatto, dan Cora) yang saling bertarung untuk mendapatkan unsur alam yang ada di game RF Online. Kalian tidak bertarung melawan player lain atau biasa disebut Player vs Player (PvP) saja, melainkan kalian bertarung atas nama bangsa kalian masing-masing.

Dahulu, RF Online memiliki grafik yang sangat bagus. Namun, untuk saat ini, RF Online bisa dibilang memiliki grafik yang tidak bagus lantaran sudah banyak game yang memiliki grafik yang lebih baik dibandingkan RF Online. Namun, jika kalian sudah memainkan game ini, dijamin kalian pasti akan ketagihan karena banyak sekali unsur yang ada di game ini seperti politik, solidaritas yang tinggi, perang yang tiada henti, serta item yang masih laku untuk dijual.

Untuk kalian yang ingin kembali mengenang masa-masa kejayaan game RF Online, kalian masih bisa memainkannya di Lyto Game.

Lost Saga (LS)

Popularitas game LS pada tahun 2009 kala itu langsung meroket. Konsep game online yang mengkombinasikan antara Fighting dan Role-Playing Game (RPG) sendiri sebelumnya sudah pernah muncul di GetAmped yang dikeluarkan oleh Lyto Game. Namun, LS hadir dengan fitur-fitur baru yang lebih fresh serta grafik yang lebih mumpuni dibandingkan GetAmped.

Game ini membutuhkan kelincahan serta ingatan yang cukup baik untuk memainkannya karena kalian tidak hanya menggunakan satu hero saja melainkan banyak. Selain itu, kalian juga bisa mengkombinasikan hero-hero yang kalian punya untuk menciptakan combo kalian masing-masing.

Setelah sembilan tahun lamanya hidup di bawah naungan Gemscool, pada tahun 2018, game ini resmi tutup. Namun, saat ini, LS kembali hidup di bawah Gravity Game Link dan masih banyak yang memainkan game ini.

Seal Online
Seal Online

Seal Online merupakan game MMORPG pertama yang menggunakan karakter-karakter lucu dan manis. Tidak hanya itu, class yang dihadirkan di game ini terbilang banyak seperti Clown, Warrior, Knight, Mage, Craftsman, dan Priest sehingga para player memiliki banyak opsi untuk memainkan game ini.

Game ini juga menyajikan jalan cerita yang menarik ditambah dengan misi-misi yang sangat seru dan menyenangkan. Namun, yang paling menarik dari game ini tentunya grafik dan background music (BGM) yang sangat menyenangkan. BGM dalam game ini pun tidak hanya satu melainkan tiap dungeon memiliki BGM yang berbeda-beda.

Kalian juga bisa ikut ke dalam guild, berjualan item di tengah kota, dan memiliki pet yang bisa kalian naikkan sendiri dan tentukan bentuk evolusinya. Lyto Game selaku publisher awal dari Seal Online Indonesia menutup game ini pada tahun 2017 lantaran banyak sekali bug, cheat, dan duplicate item. Akan tetapi, bagi kalian yang ingin kembali memainkan game ini, kalian bisa memainkannya di server internasional yaitu Seal Online: Blade of Destiny (BoD) atau Sealindo Plus Survivor.

Atlantica Online (AO)

Terakhir, adalah AO, sebuah game MMORPG yang unik dari yang lain karena permainannya mirip dengan catur di mana kalian tidak hanya menjalankan karakter kalian sendiri melainkan mercenary juga. Sama dengan RF Online dan Seal Online, game ini juga bisa dimainkan secara PvP atau Player vs Environment (PvE).

AO juga menyediakan banyak job dalam game mereka seperti Sword, Axe, Spear, Power Saw, Gunner, Bow, Cannon, dan Staff. Selain job yang banyak, game ini juga menyediakan peta yang sangat luas dan kalian juga bisa belajar tentang sejarah dari masing-masing daerah yang ada di dunia seperti Angkor Wat.

Pada tahun 29 September 2020, Gemscool selaku publisher AO, resmi menutup AO Indonesia (AOI) dan hal tersebut membuat banyak pemainnya bersedih dan kesal. Akan tetapi, pada tahun 2021, Lyto Game berhasil menghidupkan kembali game ini dengan nama AO Rebirth (AOR). Kalian juga bisa memainkan game ini di server internasional yaitu AO Valove (AOV).

Itulah lima game warnet zaman dahulu yang masih bisa kalian mainkan saat ini. Mungkin, dengan memainkan game ini, kalian bisa bernostalgia dengan masa muda kalian ketika bermain di warnet.

Share Post:

Related Posts