Microsoft Ciptakan Controller Xbox Untuk Smartphone?

949

Belakangan ini, beredar kabar bahwa Microsoft tengah mengembangkan controller Xbox untuk digunakan di smartphone dan tablet. Dan semuanya bersumber dari dokumen penelitian, yang memperlihatkan purwarupa dari controller yang dimaksud. Disebutkan bahwa untuk mengiringi layanan game streaming Project xCloud, Microsoft tidak akan mengandalkan fitur touchscreen dalam memainkan game, tapi menggunakan controller khusus.

Dokumen tersebut menyatakan bahwa perkembangan smartphone dan tablet yang pesat membawa pengaruh besar pada mobile gaming. Tidak mengherankan kalau game-game populer di platform ini difokuskan pada interaksi berbasis layar sentuh. Sayangnya, banyak game yang kurang cocok untuk perangkat seluler. Untuk itu, Microsoft menyebutkan bahwa PlayStation Portable dan Nintendo Switch sebagai mobile gaming platform, berhasil melewati keterbatasan tersebut melalui kontrol fisik.

Mereka juga mengambil inspirasi dari sejumlah produk berbentuk gaming controller seperti ION iCade, GameCase, dan GameVice, yang dapat dihubungkan pada smartphone untuk memberikan kenyamanan lebih dalam bermain game. Untuk itu, Microsoft menciptakan purwarupa controller Xbox dari bahan foam yang kemudian di-3D print berdasarkan conceptual render. Proyek pembuatan controller ini tampaknya telah dimulai sejak tahun 2014 lalu, tapi baru belakangan ini Microsoft Research kembali mengangkat proyek tersebut.

Walau belum diketahui kapan proyek ini bakal diangkat menjadi produk yang sebenarnya, perlu diperhatikan bahwa Microsoft berupaya keras dalam mengeksplorasi cara untuk meningkatkan penanganan berbagai game Xbox di mobile platform untuk Project xCloud. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.