Microsoft Kini Kuasai Judul-Judul Milik Bethesda Softworks

151

Microsoft dilaporkan telah mengakuisisi ZeniMax Media dengan mengeluarkan biaya sebesar US$7.5 milyar. Dengan begitu, perusahaan bentukan Bill Gates dan Paul Allen tersebut menguasai Bethesda Softworks selaku anak perusahaan ZeniMax. Walau begitu, mereka akan tetap menjadi “diri sendiri” meski sekarang sudah berganti “majikan.” Hal itu diungkapkan oleh Pete Hines, Senior Vice President of Global Marketing and Communications dari Bethesda Softworks.

Dalam pernyataan resminya, Hines menyatakan bahwa Bethesda bakal tetap mengerjakan proyek game seperti yang selama ini mereka lakukan. Namun, ia menyambut kedatangan Microsoft karena “menawarkan akses pada resource yang dapat menjadikan kami publisher dan developer yang lebih baik.” Dengan begitu, ia menambahkan, pihaknya bisa menciptakan game-game yang lebih berkualitas untuk gamer mainkan.

Todd Howard, perwakilan dari Bethesda Game Studios, berkomentar bahwa perubahan ini tidak hanya berkutat seputar satu sistem (gaming) saja. “Kami sangat meyakini kekuatan fundamental game, dalam kemampuannya untuk menghubungkan, memberdayakan, dan memberikan kegembiraan. Keyakinan ini harus dibagikan pada semua orang – terlepas dari siapa Anda, di mana Anda tinggal, atau game yang dimainkan.”

Sebelumnya, divisi gaming Microsoft yakni Xbox Game Studios memiliki 15 studio, termasuk di antaranya 343 Industries dan Ninja Theory. Dengan masuknya ZeniMax Media, kini jumlah studio mereka berkembang menjadi 23. Sekadar info, Bethesda Softworks jadi tempat bernaung sejumlah studio penghasil judul-judul terkemuka. Dari Bethesda Game Studios, id Software, ZeniMax Online Studios, Arkane Studios, MachineGames, Tango Gameworks, Alpha Dog Games, hingga Roundhouse Studios.

Dengan dikuasainya Bethesda Softworks, semakin bertambah pula jumlah game franchise kenamaan di dunia gaming yang dikuasai oleh Microsoft. Contohnya adalah seri The Elder Scrolls, Fallout, Wolfenstein, DOOM, Dishonored, dan masih banyak lagi.

Meski begitu, dalam interview bersama Bloomberg, Phil Spencer selaku pimpinan Xbox menghormati perjanjian yang dijalin Bethesda Softworks bersama Sony. Sebelum diakuisisi, dua studio yang dinaunginya berencana merilis dua game secara eksklusif untuk PlayStation 5. Kedua judul yang dimaksud adalah Ghostwire: Tokyo garapan Tango Gameworks, dan Deathloop yang dikembangkan Arkane Lyon. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.