Microsoft Konfirmasi Kehadiran Xbox One Full-Digital

174

Bulan Maret lalu, GameStation menampilkan berita mengenai penampakkan konsol Xbox One bernama sandi Maverick, yang tidak memiliki disc drive. Info tersebut diperoleh lewat bocoran yang diterima Windows Central. Kini, sang kreator Microsoft mengonfirmasi eksistensi konsol yang dimaksud, yang hadir dengan nama resmi Xbox One S All-Digital Edition.

Jeff Gattis selaku eksekutif Xbox menyatakan, bahwa dewasa ini permintaan konsumen akan konten digital, berkembang lebih pesat ketimbang sebelumnya. Karena itulah, Microsoft menciptakan konsol tanpa disc drive, sebagai bentuk respon atas permintaan tersebut.

All-Digital Edition bakal dilengkapi dengan tiga buah game, yakni Minecraft, Forza Horizon 3, serta Sea of Thieves. Ketiga judul, dikembangkan sendiri atau di-publish oleh Microsoft, dimaksudkan untuk menyajikan permainan yang lebih family-friendly.

Karena tidak memiliki disc drive, otomatis All-Digital Edition tidak mendukung penggunaan DVD maupun Blu-ray. Meski begitu, pihak Microsoft menyatakan bahwa user masih bisa menikmati konten bernuansa 4K, melalui sejumlah media seperti Netflix dan Amazon.

Dalam hal spesifikasi, Xbox One S All-Digital Edition memiliki fungsi yang sama dengan Xbox One S biasa. Jadi, meski tidak dapat menampilkan resolusi asli 4K layaknya Xbox One X, konsol itu bisa menampilkan game dengan dukungan HDR. Berikut adalah specs dari konsol yang dimaksud:

  • 1TB HDD
  • 8-core Custom Jaguar CPU @ 1.75GHz
  • Custom GPU @ 914MHz
  • 12 CUs
  • 1.4TFLOPS
  • 8GB DDR3 @ 68GB/s
  • 32MB ESRAM @ 218GB/s

Berdasarkan infonya, All-Digital Edition akan diluncurkan ke pasaran mulai tanggal 7 Mei nanti, dan dibanderol seharga $250. Microsoft menyatakan bahwa ke depannya, mereka akan mempertahankan selisih harga $50, antara versi All-Digital dengan Xbox One S biasa. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.