Mighty No. 9 – Not as good as gamers hoped for…

978

Mighty No. 9, proyek game garapan Keiji Inafune selaku dalang di balik seri Mega Man, mampu menarik perhatian kalangan gamer segera setelah dirilis di crowdfunding website Kickstarter dan digadang-gadang sebagai pesaing terbesar franchise kepunyaan Capcom tersebut. Semua itu dibuktikan dengan terpenuhinya target dana yang dibutuhkan hanya dalam waktu 2 hari saja!! Namun meski sempat memperlihatkan progress yang bagus, beragam masalah yang dihadapi oleh tim developer menyebabkan terjadinya penundaan tanggal rilis beberapa kali – hal yang membuat animo terhadap game tersebut perlahan-lahan memudar. Dan setelah Mighty No. 9 dirilis, apa yang terjadi?

Mighty No. 9_20160625180556

Mighty No. 9_20160625180556

A Contender No More
Meski dari segi gameplay Mighty No. 9 tampil sangat mirip dengan Mega Man yang difokuskan pada aksi shooter dan platformer, tapi Comcept menghadirkan sejumlah fitur permainan yang membuat game ini tampil menarik. Utamanya adalah kemampuan dash milik Beck – disebut AcXeleration – yang tidak hanya berfungsi untuk mempercepat pergerakan sang tokoh utama tapi juga bisa memperoleh buff dengan cara menabrak lawan yang telah dilemahkan lebih dahulu – dinamai AcXel Boost. Hal itu membuat tempo permainan dalam Mighty No. 9 menjadi lebih cepat ketimbang Mega Man sehingga mampu memacu adrenalin para pemain. Tidak hanya itu, gamer juga diarahkan untuk bermain secara agresif karena game ini akan memberikan reward berdasarkan banyaknya musuh yang dikalahkan, energi Xel yang diperoleh, waktu untuk menyelesaikan satu stage dan lain-lain.

Screen Mighty No 9 01

Sayangnya, fitur-fitur lain dalam Mighty No. 9 tidak digarap secara maksimal sehingga tampak seperti game setengah jadi. Mulai dari kualitas grafik yang kurang mantap – apalagi dalam cutscene, voice acting yang terasa masih “kasar”, sistem perubahan senjata yang kurang terasa efektivitasnya dan masih banyak lagi, membuat game yang seharusnya mampu memberikan pengalaman bermain yang seru tersebut terasa melempem.

Overall Score: 7/10

Publisher: Deep Silver
Developer: Comcept, Inti Creates
Genre: Action, Platformer
Release: Juni 2016
Platform: PC, PS3, PS4, Wii U, XONE

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.