Minecraft Earth Terpaksa Berhenti Beroperasi Akibat COVID-19

206

Dalam rangka mencari gaya bermain baru yang lebih fresh, di tahun 2019 Mojang Studios menciptakan gebrakan lewat Minecraft Earth. Mengangkat augmented reality sebagai fitur utamanya, gamer diajak untuk menjalani beragam aktivitas khas dalam game tersebut di dunia nyata. Sayang, muncul kabar bahwa spin-off dari Minecraft itu akan berhenti beroperasi di tahun 2021.

Pihak developer mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan Minecraft Earth pada bulan Juni 2021 mendatang. Alasan utamanya adalah pandemi global COVID-19, yang hingga kini belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Pasalnya, game itu didesain untuk menonjolkan pergerakan bebas serta permainan kolaboratif; dua hal yang mustahil dilakukan dalam kondisi saat ini.

Lewat website resminya, pihak developer mengumumkan bahwa mereka harus mengambil keputusan sulit dengan memberhentikan game pengusung teknologi augmented reality tersebut. Hal itu dilakukan untuk “mengalokasikan kembali sumber daya kami ke area lain yang memiliki nilai bagi komunitas Minecraft.”

Namun, sebelum mengakhiri masa aktifnya, Mojang Studios meluncurkan update terakhir bagi Minecraft Earth di bulan Januari 2021. Melalui update tersebut, gamer bisa menikmati seluruh konten permainan dengan leluasa, di antaranya:

  • Menghentikan transaksi memakai mata uang asli.
  • Mengurangi harga Ruby secara drastis.
  • Menyertakan semua konten yang telah selesai (tapi belum dirilis) dalam pipeline.
  • Mengurangi waktu yang diperlukan untuk crafting dan smelting.
  • Memberikan set item Character Creator bagi gamer yang login antara tanggal 5 Januari hingga 30 Juni.

Memasuki tanggal 30 Juni, gamer tidak lagi bisa memainkan maupun mengunduh Minecraft Earth. Setelah itu, Mojang Studios akan menghapus semua data pemain pada keesokan harinya, yakni 1 Juli.

Gamer yang melakukan pembelian dalam game dalam bentuk apa pun bakal menerima Minecraft: Bedrock Edition secara gratis. Dan mereka yang masih memiliki Ruby yang belum terpakai akan menerima Minecoins (jumlahnya belum ditentukan) sebagai kompensasi. Simak info selengkapnya melalui tautan berikut ini. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.