Modder Temukan Cara Memangkas Loading Time di GTA Online

171

Sejak dirilis tahun 2013 lalu hingga sekarang, GTA Online jadi salah satu multiplayer game paling sering dimainkan. Sayang, meski developer Rockstar North rajin mengeluarkan update, masih ada berbagai masalah yang terus menghantui permainan itu. Utamanya lamanya loading time di awal game yang selalu dikeluhkan para player. Tapi nampaknya, masalah ini bakal diatasi dalam waktu dekat berkat jasa seorang modder!

Loading time GTA Online yang lelet rupanya membuat seorang programmer berjuluk t0st jengah. Apalagi, masalah ini tetap ada meski umur permainan tersebut sudah memasuki usia 8 tahun. Karena itu, pada awal Maret kemarin ia memutuskan untuk menelusuri code dari permainan buatan Rockstar North itu. Dan berkat usahanya, ia berhasil menemukan sumber permasalahannya.

T0st menemukan adanya coding yang menghambat permainan hanya dalam versi online dari Grand Theft Auto V. Dan ia mampu mengatasi masalah ini, yang diklaim mengurangi waktu loading hingga 70%. Uniknya, alih-alih membagikannya pada semua orang, t0st memberi tahukan tentang penemuannya pada Rockstar North dan meminta mereka mengambil tindakan.

Setelah diteliti, Rockstar mengakui kalau program buatan t0st mampu mengurangi (meski tidak menghilangkan) masalah yang selama ini dikeluhkan para player. Mereka pun mengumumkan akan mengimplementasikan perbaikan tersebut lewat patch berikutnya. Walau belum diketahui waktu pastinya. Tapi, mengingat bagaimana rajinnya Rockstar meng-update game mereka, tampaknya update yang dimaksud akan dirilis dalam waktu dekat.

Tidak hanya itu, Rockstar pun memberikan US$10.000 untuk mengapresiasi jasa t0st lewat Rockstar Bug Bounty. Sekadar info, biasanya penghargaan ini diberikan pada player GTA Online yang menemukan bug yang bisa dieksploitasi oleh hacker.

Versi online multiplayer dari Grand Theft Auto V ini sudah bisa dimainkan di PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Game tersebut baru akan tersedia di PS5 dan Xbox Series X/S sekitar akhir tahun 2021 nanti. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.