Netflix dan Red Candle Games Bawakan Detention ke Layar Kaca

306

Pada tahun 2017, developer asal Taiwan, Red Candle Games, menciptakan gebrakan melalui game pertamanya yang berjudul Detention. Walau tampil sederhana, game itu mampu memberikan pengalaman bermain yang mencekam sesuai genre yang diusungnya, survival horror. Setelah sukses diangkat ke layar lebar, kini Netflix mengadaptasi permainan tersebut menjadi sebuah serial berjudul sama.

Detention merupakan proyek kerja sama pertama Netflix dengan Taiwan Public Television Service, hadir dalam 8 episode untuk season pertamanya. Episode barunya hadir setiap minggu, terhitung sejak tanggal 5 Desember kemarin, dan episode terakhirnya akan ditayangkan pada 26 Desember. Untuk sementara, baru dua episode yang telah ditayangkan yakni “Devil” serta “Who am I?”

Sama seperti versi video game-nya, Detention menggunakan Greenwood High School sebagai setting utamanya. Seorang murid pindahan bernama Yunxiang Liu (diperankan oleh Lingwei Lee), tanpa sengaja memasuki area terlarang di sekolah itu. Hal tersebut membawanya bertemu sesosok hantu bernama Ruixin Fang (diperankan oleh Ning Han).

Melalui Fang, Liu akhirnya mengetahui sejarah kelam yang dialami oleh Greenwood High School selama hampir 30 tahun lamanya. Yang dimaksud adalah White Terror, masa darurat militer yang menimpa Taiwan di mana terjadi penindasan terhadap para penentang politik. Fang menceritakan bagaimana sekelompok guru dan murid dianiaya hanya karena berusaha mencari kebebasan, di era yang dipenuhi larangan.

Perlu diketahui bahwa ini bukan kali pertama game garapan Red Candle Games itu diadaptasi menjadi tayangan live action. Di tahun 2019, 1 Production Film Co., menerima hak untuk mengangkat game tersebut jadi film layar lebar. Dibintangi Gingle Wang sebagai Fang Ray-shin, Detention besutan sutradara John Hsu ini digarap lebih mendekati source material-nya. Film itu berhasil meraih sukses yang cukup memuaskan, dengan membukukan perolehan sebesar NT$260 juta dari bujet sebesar NT$95 juta.

Peluncuran serial Detention tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi Red Candle Games selaku developer dari permainan yang dimaksud. Apalagi game tersebut, bersama proyek kedua mereka yakni Devotion, kini menjadi bagian dari karya yang dilestarikan oleh Harvard-Yenching Library. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.