Nintendo Berhentikan Seluruh Produksi Konsol Wii U di Jepang

751

Nintendo memutuskan akan segera memberhentikan seluruh produksi konsol Wii U di wilayah Jepang.

Informasi ini didapatkan dari halaman situs resmi Nintendo Jepang dibagian detail model konsol tersebut yang bertuliskan kalimat “Production End” atau “Berhenti Produksi”. Akan tetapi konsol tersebut sebelumnya telah diproduksi hingga dua periode terakhir sebelum akhirnya dihentikan, yang artinya konsol tersebut sudah tidak lagi dibuat dan menjadi akhir dari masa kejayaan konsol Wii U tahun 2017 ini.

Selain itu, dalam laporan finansial Nintendo Jepang yang telah diumumkan kemarin, pihaknya juga menyatakan secara resmi bahwa konsol Wii U telah berhenti produksi di Jepang dan nantinya konsol tersebut hadir dalam dua versi yakni versi bundle dengan game Splatoon dengan Wii U 32 GB dan versi Wii U Deluxe 32 GB.

Sebelumnya Nintendo memang telah mengumumkan rencananya tersebut untuk memberhentikan produksi Wii U pada bulan November 2016 lalu, dimana pemberhentian produksi konsol tersebut akan dimulai pada akhir tahun 2016. Sehingga Nintendo dapat memfokuskan pada produk terbarunya yaitu Nintendo Switch yang telah diumumkan secara resmi beberapa waktu lalu.

Nah, konsol Wii U sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2012 dan berhasil menjadi konsol yang paling laris diwilayah Jepang karena memiliki keunggulan yang berbeda dari konsol pesaing. Wii U memang diciptakan oleh Wii U untuk target pemasaran bagi anak-anak dan orang dewasa dimana tentunya tetap memberikan kenyamanan bermain dengan game eksklusif yang diciptakan oleh Nintendo.

Meskipun Wii U berhasil banyak terjual di Jepang, kenyataannya penjualan Wii U diseluruh dunia kalah dengan generasi sebelumnya yakni Wii. Dimana Wii U hanya berhasil terjual sebanyak 13,6 juta unit sedangkan Wii telah berhasil terjual sebanyak 101 juta.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.