Nintendo Gugat Situs LoveROMs dan LoveRETRO

932

Gamer masa kini tentu tidak pernah mengetahui seperti apa bentuk permainan yang ditawarkan oleh gaming console klasik macam Famicom/NES, Super NES, atau Nintendo 64, utamanya karena baik game maupun mesinnya sudah tidak dijual di pasaran. Walau begitu, mereka tetap bisa memainkannya lewat beragam emulator beserta game-nya di sejumlah situs, yang ditampilkan dalam bentuk ROM (read-only memory). Tapi bagaimanapun juga, membagikan permainan yang copyright-nya masih dimiliki oleh sang empunya merupakan tindakan ilegal, dan mereka bisa saja melayangkan tuntutan kepada situs yang bersangkutan atau bahkan membawa mereka ke meja hijau, seperti yang dilakukan oleh Nintendo beberapa waktu lalu.

Menurut info yang beredar, dikabarkan bahwa Nintendo of America melayangkan gugatan pada pengadilan federal di Arizona, terhadap dua situs ROM populer yakni LoveROMs dan LoveRETRO, atas tuduhan pelanggaran hak cipta dan merek dagang. Kedua situs tersebut dipercaya dimiliki oleh orang yang sama yakni Jacob Mathias beserta perusahaan berbasis di Arizona yang ia jalankan yakni Mathias Designs LLC, menawarkan beragam jenis permainan klasik dalam bentuk ROM, termasuk game-game yang dikembangkan oleh Nintendo.

Dalam tuntutannya, Nintendo menyatakan bahwa baik situs LoveROMs dan LoveRETRO merupakan salah satu online hub terkenal untuk mendapatkan game-game bajakan. Melalui situs LoveROMs dan LoveRETRO, tersangka (Jacob Mathias dan Mathias Designs LLC-red) telah menggandakan, mendistribusi, dan menyediakan copy video game Nintendo dalam jumlah besar, dan semua itua dilakukan tanpa izin dari pihak Nintendo. Meski sejumlah situs ROM dibuat atas dasar hobi semata, Nintendo memandang bahwa kedua situs tersebut sebagai operasi profesional dan menghasilkan keuntungan dari kegiatan yang mereka lakukan.

Lewat tuntutan yang mereka layangkan, Nintendo tidak hanya berusaha menutup kedua situs yang dimaksud, tetapi juga meminta ganti rugi atas pelanggaran hak cipta sebesar $150,000 (sekitar Rp2 milyar) per judul game, serta $2,000,000 (sekitar Rp29 milyar) untuk setiap pelanggaran merek dagang. Menurut perkiraan, dengan melakukan pelanggaran terhadap 140 hak cipta serta 40 merek dagang maka diperkirakan bahwa ganti rugi yang harus dibayarkan mencapai Rp1,4 triliun! Sejak dilayangkannya tuntutan Nintendo, situs LoveRETRO telah ditutup sementara LoveROMs menghapus semua judul game Nintendo yang mereka miliki. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.