Nintendo Menuntut “Bowser” Karena Menjual Hack Untuk Switch

121

Di samping Mario, terdapat karakter Nintendo lainnya yang tidak kalah populer yakni Bowser. Sosok yang juga dikenal sebagai King Koopa ini selalu berusaha menguasai Mushroom Kingdom dengan jalan menculik Princess Peach. Namun, beberapa waktu lalu, Nintendo telah melayangkan tuntutan kepada pemilik nama tersebut atas tuduhan pelanggaran hak cipta!

Berdasarkan info dari Polygon, dikatakan kalau Nintendo of America telah melayangkan tuntutan terhadap Gary Bowser ke pengadilan negeri Seattle. Bersama rekannya, Max Louarn, Gary merupakan bagian dari Team Xecuter, kelompok yang membuat dan menjual software SX OS. Lewat operating system itu, seseorang dapat melewati sistem keamanan pada Switch agar dapat memainkan game-game bajakan.

Gugatan tersebut berbunyi “Jika user sudah memiliki game Nintendo Switch yang sah dan dibeli dengan benar, pengguna dapat memakai SX OS serta fitur yang menyertainya untuk mengubah game tersebut menjadi salinan ilegal, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi salinan ilegal tambahan dengan lebih banyak user juga memakai SX OS pada Nintendo Switch.”

Nintendo sebelumnya telah mengajukan beberapa tuntutan hukum terhadap penjual sejumlah perangkat hacking, termasuk SX Pro, SX Core, dan SX Lite. Ketiganya dikenal sebagai yang paling sering digunakan untuk meng-hack Nintendo Switch maupun Nintendo Switch Lite.

Bowser dipandang sebagai anggota penting dalam Team Xecuter. Dalam menjual SX OS, ia menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dan membentuk rangkaian distribusi reseler, tester, serta website. Situs resmi mereka yakni team-xecuter.com, yang masih aktif pada bulan Januari lalu, sebagian besar berada dalam kendalinya.

Menurut penyelidikan, Bowser bahkan telah beroperasi sejak tahun 2013 lalu di mana ia menjual perangkat hacking untuk 3DS. Karena telah melakukan pelanggaran hak cipta, Nintendo berniat untuk mendapatkan ganti rugi meski belum disebutkan jumlah pastinya. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.