Nintendo Switch Lite Siap Meluncur Bulan September

208

Rumor mengenai penggarapan dua model Nintendo Switch terbaru, sudah santer terdengar sekitar awal tahun 2019 lalu. Salah satunya adalah versi lebih murah, yang lebih difokuskan pada fungsi handheld, sehingga tidak disertai dengan docking station Switch Dock. Dan kini, rumor itu menjadi kenyataan! Nintendo mengumumkan mengenai Nintendo Switch Lite, versi terbaru yang didesain untuk memainkan game dalam mode handheld.

Versi baru itu menampilkan beragam fitur, yang sebelumnya disebutkan dalam laporan Wall Street Journal di bulan Maret kemarin. Utamanya adalah ukurannya yang lebih kecil, karena Joy-Con kini diintegrasikan ke dalam Nintendo Switch Lite. Di samping itu, Lite tidak mempunyai kickstand sehingga tidak dapat “berdiri,” serta tidak men-support video output dalam bentuk apapun. Dengan begitu, konsumen tidak dapat menghubungkan handheld console tersebut dengan televisi.

Perbedaan lain antara model standar dengan versi Lite, terletak pada kekuatan baterainya. Jika model awal hanya bertahan sekitar 6,5 jam, maka versi baru ini mempunyai ketahanan hingga (maksimal) 7 jam. Perlu diperhatikan bahwa jenis game yang dimainkan, juga mempengaruhi “umur” baterai. Sebagai contoh, game “berat” macam Breath of the Wild bisa menguras baterai lebih cepat. Untuk mengetahui perbandingan antara model standar dengan Nintendo Switch Lite, kalian bisa mengunjungi tautan berikut ini.

Nintendo Switch Lite dapat memainkan hampir semua game dari model sebelumnya, selama permainan itu mendukung mode handheld. Bagi yang tidak men-support fitur tersebut, kalian dapat menggunakan bantuan wireless controller yang kompatibel, untuk memainkan game dengan leluasa. Konsumen bisa memeriksa kompatibilitas beragam game dengan Lite melalui Nintendo eShop, atau memeriksa ikon handheld mode pada kemasan.

Menurut jadwalnya, Nintendo Switch Lite akan diluncurkan ke pasaran pada tanggal 10 September mendatang, dengan banderol harga $199.99. Handheld console tersebut tersedia dalam tiga warna berbeda yakni yellow, gray, dan turquoise.

Tersedia pula Switch Lite Zacian and Zamazenta Edition, berhiaskan dua Legendary Pokémon dari Pokémon Sword dan Shield. Versi spesial ini bakal hadir tanggal 8 November 2019, satu minggu sebelum game-nya dirilis ke pasaran. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.