by Fitra in
Games News Nintendo Switch

Nintendo Amerika secara resmi mengumumkan bahwa pihaknya telah menambahkan fitur terbaru untuk Nintendo Switch melalui pembaruan versi 13.0.0 yaitu Audio Bluetooth. Penambahan fitur audio bluetooth ini dirilis pada Selasa, (14/9) kemarin. Menariknya, audio bluetooth ini dapat diaplikasikan ke semua jenis perangkat audio seperti headphone dan speaker.

Tentu saja dengan versi terbaru ini, gamers bakal mendapatkan sensasi yang berbeda saat memainkan game sekaligus pengalaman yang lain dari sebelumnya. Pembaruan ini dapat dilakukan dengan menambahkan ‘Update Dock’ di bawah System Setting. Pembaruan versi 13.0.0 nantinya tidak hanya tersedia di dalam Nintendo Switch, namun juga di model OLED yang akan diluncurkan bulan depan.

BACA JUGA:

Selain kehadiran fitur audio bluetooth, Nintendo mengatakan bahwa pembaharuan ini memungkinkan Nintendo Switch untuk mempertahankan koneksi internetnya bahkan ketika konsol ini dalam mode sleep. Terlebih lagi, versi 13.0.0 ini dapat memberitahu gamers jika Switch sedang terhubung ke internet ataupun tidak.

“Ketika pengaturan ini diaktifkan, sistem dengan koneksi internet kabel akan mempertahankan koneksi internet bahkan saat dalam mode tidur. Hal ini memungkinkan perangkat lunak dan konten tambahan untuk diunduh ke sistem saat sistem dalam mode tidur,” tulis Nintendo dalam laman resminya yang dikutip dari Gamespot pada Rabu (15/9).

Meskipun pembaruan versi ini cukup menarik, namun ada beberapa hal yang menjadi kekurangan dari versi 13.0.0 misalnya bluetooth yang tersedia hanya untuk audio saja di mana bluetooth mikrofon tidak dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, audio bluetooth tidak dapat digunakan saat komunikasi nirkabel lokal sedang aktif.

Perlu diketahui juga bahwa ‘Update Dock’ tidak akan tersedia untuk dock Nintendo Switch tanpa port LAN. Bagi pengguna Nintendo Switch Lite, tampaknya fitur versi 13.0.0 tidak akan berlaku untuk konsol yang satu itu. Sehingga mungkin tidak semua model Switch mendapatkan pembaharuan ini secara merata.

Selanjutnya adalah perihal Mode Sleep di mana sebelumnya telah disinggung bahwa jika pengaturan ini diaktifkan maka sistem dengan koneksi internet kabel akan tetap mempertahankan koneksinya bahkan saat mode sleep sedang dinyalakan. Namun jika pengaturan ini dinonaktifkan, sistem akan tetap terhubung ke internet secara berkala dan dapat membantu mengurangi konsumsi daya.

Bagaimana tanggapan gamer dengan pembaruan Nintendo Switch kali ini? Apakah gamer tertarik untuk mempebaruainya?

Share Post:

Related Posts