OpTic India Didiskualifikasi Setelah Diketahui Memakai Cheat

1834

Impian tim Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) OpTic India untuk memenangi turnamen eXTREMESLAND Asia berhadiah total US$100,000 pupus sudah, karena mereka didiskualifikasi setelah berhasil masuk ke babak final. Penyebabnya? Salah satu anggota mereka yakni Nikhil “forsaken” Kumawat, diketahui memakai cheat berupa aimbot dalam pertandingan melawan tim Revolution.

Jalannya permainan sempat dihentikan setelah adanya peringatan dari anti-cheat system mengenai aktivitas mencurigakan, di mana 20 menit kemudian pihak panitia membatalkan pertandingan dan mengeluarkan OpTic India dari  turnamen. Secara otomatis tim Revolution berhak maju ke babak berikutnya untuk menghadapi tim FrostFire dari Malaysia.

Menurut info dari CSGO2Asia, dibutuhkan waktu lama bagi panitia untuk memastikan kecurangan yang dilakukan oleh Kumawat. Pasalnya, yang bersangkutan tidak bersedia komputernya diperiksa. Setelah diperintahkan untuk keluar melalui alt-tab, terlihat sebuah program mencurigakan aktif di background, yang segera dihapus oleh sang peserta di depan mata official. Untunglah pantia bisa me-recover program yang dimaksud, meski sayang program itu tidak bisa diaktifkan kembali. Namun, hal itu menjadi bukti kuat bahwa anggota OpTic India melakukan kecurangan.

Ini bukan kali pertama Kumawat ketahuan berbuat curang karena di tahun 2017 lalu, ia dilarang mengikuti turnamen selama dua tahun oleh ESL India setelah dikofirmasi sebagai pemilik “rektmao”, akun yang di-ban melalui VAC (Valve Anti-Cheat System). Kumawat berkilah kalau ia telah menjual akun tersebut sebelumnya, dan si pemilik akun itulah yang menggunakan cheat. Tapi pembelaannya juga merupakan pelanggaran terhadap peraturan di Valve dan ESL, yakni “menjual, mentransfer atau membiarkan orang lain mengakses akun Steam”. Hal itu membuat Kumawat, dan tim SemperX yang menjadi tempat bernaungnya saat itu, didiskualifikasi.

Pihak official dari OpTic India menyatakan bahwa segera setelah diskualifikasi diberikan, mereka  memecat Nikhil Kumawat dari tim. Namun, beberapa waktu kemudian mereka mengeluarkan pernyataan bahwa semua anggota OpTic India telah diberhentikan, tanpa adanya indikasi apakah anggota tim lain mengetahui tindakan curang yang dilakukan Kumawat atau tidak.

Tindakan tersebut cukup mengejutkan, mengingat OpTic India memiliki prestasi yang cukup baik dengan memenangkan ESL India Premiership 2018, juga meraih peringkat 4 dalam 2018 Toyota Masters SEA Qualifiers. [Aseek]




One thought on “OpTic India Didiskualifikasi Setelah Diketahui Memakai Cheat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.