PABJE, Alternatif Pengganti PUBG Mobile Dari India

144

Setelah PUBG Mobile resmi diblokir oleh pemerintah India, bersama dengan 117 aplikasi buatan Tiongkok lainnya, gamer di negara itu harus mencari penggantinya. Hal ini tentu sangat disayangkan, terlebih versi mobile dari PlayerUnknown’s Battlegrounds ini cukup bersinar di sana, dengan sekitar 30-40 juta pengguna aktif tercatat pada Agustus lalu. Kondisi ini dimanfaatkan oleh game developer lokal untuk mengembangkan versi KW-nya yakni PABJE: Player and BattleJung Ends!

“Ada beberapa judul Battle Royale yang tersedia di India, tetapi satu game, khususnya, membuat orang-orang membicarakannya sejak pelarangan PUBG Mobile. Dan itu adalah PABJE,” seperti dilaporkan laman 91Mobiles. Bisa ditebak, PABJE mengambil inspirasi yang sangat besar dari PUBG – dari nama hingga deskripsinya di Google Play pun sangat mirip.

PABJE pada dasarnya adalah clone dari PUBG Mobile, dibuat oleh developer asal India, Dipak Kattikar. Sontak, banyak pengguna Twitter menyoroti kemiripan antara PABJE: Player and BattleJung Ends dengan PUBG Mobile Nordic Map: Livik. Apalagi, hadir pula tiruan PUBG Lite bernama PABJE Lite yang memiliki file size sekitar 24 MB.

Sejauh ini PABJE telah mencapai lebih dari 100 ribu pemasangan di India; diperkirakan hal ini terjadi setelah PUBG Mobile diblokir oleh pemerintah. Namun, aplikasi tersebut tidak tersedia di App Store. Dan review tentang aplikasi PUBG Mobile kualitas KW ini cukup beragam.

Sejumlah gamer mengapresiasi karya kreatornya, sementara sebagian lagi menyoroti grafis permainannya yang kurang menarik, dan masih adanya banyak bug dalam permainan. Ada pula user yang mengeluhkan tentang iklan di dalamnya. Apakah sang developer dapat mengatasi masalah itu, memanfaatkan peluang pelarangan PUBG Mobile di India dan mencapai “Winner Winner Chicken Tikka Masala Dinner?”




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.