Pedoman Laning Untuk Hero Mage dan Support di Mobile Legends: Bang Bang

465

Pada dasarnya, kalian mesti mengetahui bahwa ada lane yang tepat untuk setiap role di dalam game Mobile Legends: Bang Bang. Dan, pedoman ini bakal menyajikan tips penting untuk hero Mage dan Support. Pedoman laning ini dibuat oleh MGL SSNUGS, yang dirilis secara resmi oleh Mobile Legends lewat laman resminya di media sosial Facebook, pada Rabu (29/7) kemarin. Kalau kalian ingin memasuki top global dengan hero Mage dan Support, membaca tuntas artikel ini adalah keputusan tepat.

Perkenalan Hero Mage dan Support

  • Mage

Hero Mage dikenal memberikan damage dengan menggunakan skill mereka, yang kebanyakan bergantung pada buff. Jenis hero ini biasanya membutuhkan buff Biru. Colldown Reduction serta Mana Regen sangat penting bagi para Mage, dan menghasilkan damage AoE (Area of Effect) merupakan keahliannya.

  • Support

Hero Support terkenal karena efek crowd control yang dimiliki oleh skill-nya. Mereka memainkan role untuk melindungi dan membantu damage dealer untuk melakukan farming. Jenis hero ini biasanya membeli Wooden Mask dan support item.

Laning dan Rotasi

  • Rotasi 1-3-1 (Funneling) Hyper Carry

Top Lane: Fighter (untuk menahan lane)
Mid Lane: Tank + Support + Mage/Marksman/Assassin
Bot Lane: Fighter (untuk menahan lane)
Dalam rotasi ini, Mage, Marksman, dan Assassin ialah hero yang melakukan Funnel atau Hyper Carry. Artinya, hero core mendapatkan seluruh buff, dan harus mengungguli semuanya dalam hal perbedaan Gold dengan tim lawan. Terkadang, Mage bisa menjadi Support saat melakukan Funneling untuk Marksman atau Assassin, misalnya saja Aurora dan Valir. Sementara itu, Support tetap memainkan role mereka, yakni dengan mengikuti Tank dan Hyper Carry.

  • Rotasi 1-2-2

Top Lane: Fighter (untuk menahan lane)
Mid Lane: Tank/Support dan Mage/Assassin
Bot Lane: Tank/Support dan Marksman
Rotasi ini lebih aman daripada 1-3-1. Keberadaan Mage harus menuju ke Mid Lane dan mengambil buff Biru, sementara buff Merah diserahkan kepada Marksman. Bagi Support, tidak peduli saat bersama Mage atau Marksman, selalu beri petunjuk kepada rekan satu tim terkait posisi lawan.

Cara Bermain Hero Mage

  • Early-Mid Game

Saat early game, lalukan poke pada lawan di lane supaya mereka menggunakan Recall, sebab memberikan kalian keuntungan dalam push lane dan farming. Kumpulkan tim kalian untuk mendapatkan Turtle. Dalam keadaan itu, lawan bakal ragu untuk mendekat dan mungkin panik saat menentukan objektif karena ada Mage di sekitar, yang bisa memberikan damage tinggi. Usahakan untuk selalu menggunakan skill dari belakang teman satu tim, karena Mage gampang tereleminasi.

  • Late Game

Ketika memasuki late game, tetap berada di dekat hero core. Lawan mungkin mencoba menyelinap dan menargetkan hero core kalian terlebih dahulu. Lakukan cara apa pun untuk melindungi Hyper Carry kalian. Ingat, mengorbankan diri adalah hal yang bagus agar hero core memiliki kesempatan untuk melarikan diri. Jangan pernah pergi sendiri di lane; bakal lebih efektif saat kalian bersama dengan tim kalian. Jika ada Lord, selalu bantu hero core untuk mengeliminasinya.

Cara Bermain Hero Support

  • Early-Mid Game

Berkumpul dengan hero core seperti Mage, Marksman, atau Assassin. Tujuannya adalah untuk melindungi dan membantu hero core. Beli Item Roam dan Item Support; ini sangat penting untuk tim kalian. Selanjutnya, bantu rekan satu tim saat mereka mengambil objektif, berikan mereka Vision dengan berada di semak-semak ketika Hyper Carry sedang melakukan Jungle, karena musuh mungkin saja menyerang Jungle kalian. Dan, bantu hero core untuk mengeliminasi Turtle.

  • Late Game

Memasuki late game, tetap berada di dekat hero core kalian. Lawan mungkin mencoba untuk menyingkirkan hero core kalian terlebih dulu. Lakukan cara apa pun untuk melindungi Hyper Carry kalian, dan mengorbankan diri merupakan hal baik supaya hero core punya kesempatan untuk melarikan diri. Layaknya Mage, Support jangan pernah sendiri di lane karena akan lebih efektif saat bersama dengan tim. Dan yang terpenting, ketika ada Lord, selalu bantu hero core kalian untuk mengeliminasinya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.