by Muhammad Ilham in
News Tips & Tricks Tips and Tricks

Ragnarok bisa dikatakan pionir industri game online berbasis Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) di Indonesia. Pada tahun ini, game jadul ini kembali hidup dengan versi mobilenya dengan nama Ragnarok X: Next Generation.

Dengan kehadiran game Ragnarok X di Indonesia pada tahun ini, tentu membuat banyak orang yang memainkan game ini untuk bernostalgia ataupun ingin mencoba game ini. Hal tersebut membuat banyak sekali newbie atau pemula yang memainkan game ini.

Baca juga:

Bagi kalian yang pemula, pasti pusing dan kurang paham bagaimana caranya untuk menaikkan level kalian di game ini. Tenang saja, kali ini kita akan memberikan tips dan trik bagaimana caranya leveling yang cepat di Ragnarok X: Next Generation.

  • Selesaikan Quest Board
Quest Board
Sumber: sanook.com

Cara pertama untuk mendapatkan EXP yang banyak dan meningkatkan level kalian adalah dengan menyelesaikan Quest Board. Cara ini merupakan cara yang paling dasar dalam menaikkan level dengan cepat di Ragnarok X.

Bagi kalian yang pemula, kalian akan diberikan tutorial tata cara mengerjakan misi di papan ini. Terdapat 10 misi yang akan diberikan setiap harinya dan misi-misi tersebut akan direset pada jam 5 pagi.

Misinya gampang dan kalian juga dimudahkan dengan adanya sistem auto-move. Jadi, kalian tinggal klik misi yang kalian ambil di sebelah kiri layar dan karaktermu akan berjalan sendiri ke tempat misi. Tiap misi yang kalian selesaikan akan mendapatkan base dan job EXP yang lumayan untuk meningkatkan level kalian.

  • Berburu monster dengan Odin’s Blessing yang aktif
Odin's Blessing
Sumber: ggwp.id

Yang kedua, kalian bisa berburu monster dengan posisi Odin’s Blessing aktif. Odin’s Blessings bisa dikatakan sebagai buff yang di mana dengan aktifnya buff  ini, kalian akan mendapatkan bonus EXP, zenny, drop rate, dan stamina ketika mengalahkan monster.

Syarat untuk bisa mendapatkan bonus-bonus tersebut adalah kalian harus mengalahkan monster kala poin Odin’s Blessing terisi. Untuk bisa mendapatkan atau mengisi poin Odin’s Blessing, kalian cukup menyelesaikan misi yang ada di Quest Board dan nongkrong di Prontera.

Kalian bisa melihat Odin’s Blessing di tombol bulat sebelah Health Point (HP) dan SP bar di pojok kiri atas.

  • Selesaikan Chamber of Commerce (CoC) Missions

Selain misi di Quest Board, kalian juga bisa mendapatkan EXP ketika kalian menyelesaikan misi di CoC. Misi di CoC ini sama gampangnya dengan misi yang tersedia di Quest Board.

Kalian bisa mencari NPC untuk CoC ini di kota Prontera. Kalian bisa menemukan NPC untuk CoC ini dengan mencari om-om yang menggunakan jas dengan kaca mata hitam. Ada tiga misi yang bisa kalian pilih yang di mana terdapat hadiah yang berbeda-beda seperti koin gacha headgear, equipments (EQ), dan kartu.

Misinya adalah mengumpulkan materi atau berburu monster. Mungkin bagi kalian para pemula terlihat sangat menyulitkan, namun, kunci untuk bisa menyelesaikan misi-misi CoC ini adalah zenny.

Kalian juga bisa untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan misi-misi CoC dengan membeli di NPC yang ada di kota Prontera atau Izlude.

  • Dungeon Instance
Instance
Sumber: mariviu.com

Cara leveling EXP di Ragnarok X: Next Generation adalah dengan menyelesaikan dungeon Instance. Jika kalian sudah menyelesaikan misi utama sampai Sewer Vault melawan Golden Thief Bug, MVP Instance akan muncul di Criatura Academy, kota Izlude.

Terdapat dua mode yang tersedia di Instance yaitu Normal dan Hard Mode. Kalian pilih sesuai dengan kemampuan kalian. Jika kalian berhasil menyelesaikan Instance, kalian akan mendapatkan hadiah seperti EXP dan MVP drops.

Kalian membutuhkan party untuk bisa menyelesaikan Instance ini karena setiap MVP mempunyai pola serangannya masing-masing. Terdapat batasan untuk bisa mendapatkan hadiah dari Instance yaitu sebanyak tiga kali. Jika lebih dari tiga kali, kalian tidak akan mendapatkan hadiah apa-apa.

  • Endless Tower (ET)

ET adalah sebuah fitur yang bisa kalian mainkan bersama teman-teman kalian atau party. Tujuannya adalah untuk mencapai lantai tertinggi di tower tersebut.

Untuk bisa masuk ke ET, kalian membutuhkan kunci bernama Tower Key dari Redhead Lady dan minimal level setinggi 35. Selain dari Redhead Lady, kalian bisa membeli kunci ini seharga 50.000, namun, hanya bisa dibeli satu kali sehari.

Kalian bisa memainkannya secara solo, akan tetapi, lebih mudah jika kalian memainkannya secara party. Perlu digaris bawahi, setiap anggota party harus memiliki kunci tersebut.

Tugas kalian adalah membunuh setiap monster yang ada di lantai tersebut. Setiap lima lantai yang telah kalian lewati, akan ada mini-boss yang di mana ketika kalian berhasil mengalahkan akan muncul dua portal bernama Soul of Gold.

  • Menjawab OX Quiz

OX Quiz adalah salah satu daily event yang terdapat di Ragnarok X: Next Generation. Kalian bisa mendapatkan hadiah-hadiah menarik dengan menjawab semua pertanyaan yang terdapat di OX Quiz ini.

Terdapat 12 belas pertanyaan yang harus kalian jawab dengan benar untuk bisa mendapatkan hadiahnya. Kalian hanya perlu menjawab O (benar) atau X (salah). Pertanyaan-pertanyaan yang hadir biasanya seputar game dan umum.

OX Quiz hanya bisa diikuti oleh pemain yang sudah mencapai level 21 ke atas.

Itulah tips dan trik bagi para pemula untuk bisa meningkatkan level di Ragnarok X: Next Generation.

Share Post:

Related Posts