Perubahan Battlefield PascaProject Next di Mobile Legends: Bang Bang

80

Moonton selaku developer Mobile Legends: Bang Bang telah melakukan perubahan besar pada game MOBA garapannya, yang terangkum dalam Project Next. Hal ini meliputi battlefield, hingga unsur-unsur lain di dalamnya. “Tentunya bakal memberikan pengalaman baru dan gaya bermain baru bagi para pemain,” ujar pihak Mobile Legends: Bang Bang, dalam sebuah unggahan di halaman Facebook resmi mereka.

PascaProject Next, mereka mencoba untuk memberikan beragam pembaruan untuk membantu para pemain, agar dapat beradaptasi dengan perubahan di Mobile Legends: Bang Bang. Bagi gamer yang tertarik untuk mengetahuinya, silakan baca tuntas uraian berikut ini.

EXP Lane dan Gold Lane
Perlu diketahui, side lane yang awalnya dinamakan Top dan Bottom Lane kini disebut EXP Lane dan Gold Lane. Dan masing-masing lane menyediakan bonus tersendiri.

EXP Lane: Lane yang berada di dekat lokasi spawn Turtle pertama. Hero di lane ini akan menerima EXP yang lebih tinggi untuk meningkatkan level dengan cepat. Direkomendasikan untuk offlaner dan Hero dengan kekuatan early game yang tinggi.

Gold Lane: Memberikan bonus Gold kepada para Hero dari Cannon Minion, yang bisa membantu Hero membeli item dengan lebih cepat. Direkomendasikan untuk Marksman atau Carry utama dalam tim, supaya dapat berkembang lebih cepat dan meningkatkan kekuatan.

Perubahan Visual Mini Map
Untuk membantu player melihat posisi teman satu tim maupun lawan mereka, mini map sudah berubah menjadi lebih sederhana dan lebih jelas, mengingat keberadaannya menjadi sumber penting untuk mengetahui posisi.

Turret Shield

Kini, Turret mempunyai Shield yang melindunginya saat pertandingan dimulai. Shield bisa dihancurkan dan dikurangi dengan menyerangnya. Shield juga akan memberikan Gold tambahan kepada Hero di sekitarnya ketika diserang. Hal itu tentu membantu Hero melakukan farming lebih banyak untuk membeli item. Shield bertahan selama 210 detik, dan akan menghilang ketika batas waktunya sudah lewat (jika tidak dihancurkan).

Perubahan Jungle Item

Jungle item hanya bisa dibeli jika Hero menggunakan battle spell Retribution. Jika tidak, maka Hero tidak dapat membeli jungle item apa pun. Jika memenuhi syarat pembelian jungle item, EXP yang dihasilkan oleh Hero dari lane Minion bakal berkurang sebesar 40% selama 3 menit pertama pertandingan. Dan, damage yang diterima dari jungle monster/creep dikurangi sebesar 40% secara permanen saat Retribution digunakan.

Pemilihan Lane
Meta lama, funnel atau rotasi 1-3-1 tidak lagi disarankan untuk digunakan pascaProject Next diberlakukan. Kini, rekomendasi lane setelah update muncul adalah 1-1-1-2 atau 2-1-1-1.

  • 1 Hero di EXP Lane, terutama untuk Fighter.
  • 1 jungler untuk Assassin.
  • 1 mid laner untuk Mage atau Assassin.
  • 2 Hero di Gold Lane untuk Marksman dan Support/Tank.

Opsi lain yang bisa digunakan adalah 1-1-1-1, di mana Support/Tank melakukan roam untuk membantu lane lain, sementara Marksman melakukan farm dengan aman di Gold Lane.

Farm dan Rotasi

Dalam meta lama, Marksman biasanya mengambil buff merah pertama untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkan kekuatan serangan. Namun, kini Marksman sebaiknya membiarkan jungler mendapatkan buff yang dimaksud untuk mencegah ketertinggalan. Marksman harus tetap berada di Gold Lane untuk melakukan farming, dan membiarkan jungler mendapatkan jungle monsters.

Jungler memulai dengan buff biru untuk memperoleh penggunaan Mana atau energy yang lebih efisien. Jungler akan membersihkan jungle monster dan melakukan ganking ke lane terdekat guna memberikan tekanan kepada lawan. Setelah itu, bereskan jungle monster lain dan kembali lakukan gank. Jungler harus menghindar untuk berada di lane dan terus melakukan roam demi membantu seluruh lane, dan memberikan tekanan kepada tim musuh.

Pro Tips

  • Para Hero di lane mesti fokus untuk memberikan damage pada Turret Shield demi mendapatkan Gold tambahan, dan menghindari mencuri jungle monster dari jungler dalam tim kalian.
  • Memperoleh Gold tambahan sebanyak mungkin dari Turret Shield dapat memberimu keuntungan.
  • Marksman harus pergi ke Gold Lane untuk mendapatkan lebih banyak Gold demi membeli item.
  • Jungler harus tetap fokus untuk melakukan ganking ke lane lain setelah membersihkan jungle monster, ketimbang tinggal di satu lane demi berbagi EXP dan Gold.
  • Support/Tank wajib memperhatikan Map karena jungler lawan pasti melakukan roam.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.