Player Beat Saber Terlalu Cepat Paksa Valve Update SteamVR

157

Di antara sekian banyak permainan bergenre rhythm yang telah dirilis, Beat Saber garapan Beat Games memiliki keunikan tersendiri dalam bidang gameplay. Bersenjatakan sepasang lightsaber berbeda warna, pemain bertugas menebas blok-blok yang muncul sesuai warna dan arahnya. Semakin tinggi tingkat kesulitannya, maka semakin banyak dan cepat pula blok yang harus kalian tebas.

Tapi ternyata, sejumlah gamer mempunyai refleks yang sangat cepat. Bahkan SteamVR sebagai salah satu platform yang “menampung” Beat Saber, kesulitan dalam melacak pergerakannya! Hal itu memaksa Valve untuk meng-update SteamVR. Berdasarkan patch note-nya, salah satu tujuan dari update tersebut adalah “meningkatkan batasan bagi controller motion yang kami pikir bisa dilakukan secara manusiawi, berdasarkan tracking data dari para ahli Beat Saber.”

Ben Jackson, salah seorang developer Valve, memberikan penjelasan mengenai masalah ini. Secara garis besarnya, terdapat “sanity check” dalam programming VR untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam membaca gerakan. Dan salah satu check yang dimaksud berkenaan dengan kecepatan maksimum, yang bisa dilakukan seseorang dalam menggerakkan pergelangan tangannya.

“Sebagai contoh, jika perhitungan kami mengatakan gamer * di belakang * basestation, jelas kami melakukan kesalahan, karena kami tidak akan mendapatkan sinyal dari belakang basestation itu,” kata Jackson. Namun, beberapa gamer ternyata mampu menggerakkan tangan mereka lebih cepat dari yang diperkirakan, sehingga software tersebut mengalami glitch dan menganggap telah terjadi kesalahan dalam permainan. “Ternyata, orang yang termotivasi dengan baik, memakai controller yang cukup ringan, bisa lebih cepat (3600 derajat/detik!) dari yang kami duga.”

Kehadiran update diharapkan bisa mengakomodir para pemain Beat Saber yang sudah expert, sehingga mereka bisa menikmati permainan dengan lancar. Untuk sementara ini, game tersebut dapat kalian mainkan melalui Early Access di Steam. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.