PlayStation 4 Hadirkan Fitur Cross-Play Melalui Fortnite

1082

Setelah menuai kecaman dari kalangan gamer akibat penolakan mereka terhadap fitur cross-platform play, Sony akhirnya “luluh” juga. Pasalnya, perusahaan tersebut telah mengeluarkan pengumuman bahwa mereka akan mendukung fitur yang dimaksud, serta meluncurkan cross-platform play dalam bentuk open beta. Dan sebagai langkah awal, Sony menyatakan bahwa para pemain Fortnite di PlayStation 4 kini dapat bergabung dengan player yang menggunakan platform lain seperti Xbox One dan Nintendo Switch, PC, Android serta iOS.

Pengumuman yang terpasang di blog resmi PlayStation tersebut dibeberkan oleh John Kodera, President dan Global CEO bagi Sony Interactive Entertainment. Dalam pernyataannya, Kodera menyebutkan bahwa setelah melalui proses evaluasi yang komprehensif, akhirnya SIE memutuskan untuk mendukung fitur cross-platform bagi sejumlah konten third party. Karena masih dalam tahap penjajakan, Kodera belum bisa memberikan informasi yang jelas mengenai batas waktu dari cross-platform play versi open beta ini, serta penerapan untuk judul-judul yang akan datang.

Keputusan Sony yang telah menerima fitur cross-platform play mendapat sambutan hangat dari para pelaku industri gaming, termasuk Microsoft (melalui akun Twitter resmi Xbox). Bahkan Epic Games, setelah Sony menyatakan dukungannya terhadap fitur tersebut lewat Fortnite, mengumumkan bahwa mereka sedang menyiapkan solusi untuk menggabungkan akun bagi gamer yang telah membuat beberapa akun untuk memainkan Fortnite di platform berbeda.

Penerimaan Sony terhadap cross-platform play menandai perubahan besar dalam kebijakan Sony Interactive Entertainment. Pasalnya, sejak tahun 2017 lalu, Sony dikenal sebagai perusahaan yang menentang keberadaan fitur tersebut. Bahkan mereka tetap berpegang teguh pada keputusannya meski PlayStation 4 menjadi salah satu platform yang dapat memainkan Fortnite, game bergenre battle royale garapan Epic Games.

Kekecewaan gamer memuncak saat Fortnite diluncurkan di Nintendo Switch pada bulan Juni 2018 lalu. Pasalnya, gamer yang telah membuat akun Epic Games di PS4 mengaku tidak bisa menggunakan akun mereka di Switch, sementara akun dari platform lain seperti PC dan Xbox One bisa dipakai tanpa ada kendala apapun. Hal ini membuat kalangan gamer mengecam perusahaan tersebut karena dianggap arogan. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.