PlayStation 5: Bahasan Seputar Fitur Backward Compatibility

133

Tidak lama lagi, Sony akan meluncurkan produk terbaru dari lini PlayStation, yakni PlayStation 5. Beragam teknologi canggih dibenamkan ke dalamnya, dari GPU yang mampu menjalankan ray tracing hingga 3D audio effects. Seperti para pendahulunya, PS5 juga dibekali fitur backward compatibility sehingga bisa memainkan lebih dari 4000 game PS4. Dan belum lama ini, Sony membeberkan info lebih jelas mengenai fitur saru ini.

Baik versi standar maupun Digital Edition dapat digunakan untuk memainkan game-game PlayStation 4. Untuk PS5 yang dilengkapi disc drive, kalian hanya perlu memasukkan Blu-ray Disc dari game yang ingin dimainkan. Setelah itu, gamer tinggal memilih hub bagi berbagai game PS4 melalui home Games. Perlu diperhatikan bahwa ada kemungkinan kalian harus mengunduh update tertentu sebelum bisa memainkannya.

Sementara untuk Digital Edition, kalian dapat memindahkan game dari PS4 (termasuk save data) ke PS5 melalui Wi-Fi. Setelah itu, kalian hanya perlu memilih judul yang diinginkan lewat home Games di konsol PlayStation 5 milikmu. Jika belum memilikinya, gamer tinggal memilih opsi “Download” untuk mengunduh game PS4 ke dalam konsol next-gen tersebut.

Tidak hanya memainkan, fitur backward compatibility di PlayStation 5 juga mampu meng-upgrade game PS4. Selain menawarkan kualitas grafis yang lebih baik, permainan berjalan semakin lancar berkat loading time yang lebih cepat. Opsi upgrade bakal tersedia sebelum memainkan game PS4, dan setelah mengunduhnya (plus membayar biayanya), game milikmu jadi makin kinclong! Info lebih lanjut soal fitur tersebut bisa dilihat di sini.

Sayangnya, terdapat sejumlah judul yang tidak mendukung fitur backward compatibility di PlayStation 5. Itu artinya, game-game tersebut hanya bisa dimainkan di PS4. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Afro Samurai 2: Revenge of Kuma (Versus Evil)
  • Hitman Go: Definitive Edition (Square Enix)
  • Joe’s Diner (United Independent Entertainment)
  • Just Deal with It! (Super Punk Games)
  • Robinson: The Journey (Crytek)
  • Shadow Complex Remastered (Epic Games)
  • Shadwen (Frozenbyte)
  • We Sing (Nordic Games Publishing)

PlayStation 5 dijadwalkan untuk rilis tanggal 12 November 2020 di kawasan Amerika Utara, Australia, Selandia Baru, Jepang, dan Korea Selatan. Sementara untuk negara-negara lain, next-gen console buatan Sony tersebut akan tersedia pada tanggal 19 November 2020. Hingga kini, belum diketahui harga pasti dari PS5. [Aseek]




One thought on “PlayStation 5: Bahasan Seputar Fitur Backward Compatibility

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.