PlayStation 5 dan Xbox Series X Capai Penjualan Memuaskan, Switch Kembali Rajai Pasaran

68

Baru beberapa hari lalu, dua next-generation console yakni PlayStation 5 serta Xbox Series X dan S telah dirilis ke pasaran. Agak disayangkan bahwa keduanya “lahir” di masa yang kurang menguntungkan, terutama akibat COVID-19 yang melumpuhkan perekonomian di hampir semua negara. Meski begitu, ternyata kedua konsol anyar itu tetap mampu mencapai penjualan yang memuaskan.

Famitsu melaporkan (thanks, Gematsu!) bahwa di Jepang, sebanyak 118,085 unit PlayStation 5 terjual hanya dalam 2 hari sejak peluncurannya. Hal ini membuktikan kalau konsumen di Negeri Matahari Terbit masih setia dengan PS5 selaku produk dalam negeri. Sementara pesaingnya yakni Xbox Series X dan S, juga menurut Famitsu, berhasil terjual sebanyak 20,534 unit dalam waktu 6 hari.

Data tadi mematahkan berita dari Bloomberg, yang menyatakan bahwa Sony mulai meragukan pasaran Jepang. Mereka mengatakan bahwa menurut narasumber (yang namanya dirahasiakan), Sony akan lebih memfokuskan penjualan PS5 di Amerika ketimbang di Jepang. Alasannya, karena Sony merasa kecewa dengan penjualan PS4 di negaranya sendiri, yang lebih rendah dibanding penjualan di negara barat.

Baik PlayStation 5 maupun Xbox Series X/S mendapat animo positif dari kalangan gamer di Jepang. Hal ini dibuktikan dengan ludesnya kedua konsol segera setelah pre-order dibuka, serta terjadinya kekurangan stok di semua ritel. Sebagai info tambahan, Marvel’s Spider-Man: Miles Morales jadi game PS5 terlaris di Jepang dengan penjualan mencapai 18,640 copy. Posisi kedua ditempati Demon’s Souls versi remake yang terjual sebanyak 18,607 copy.

Sementara itu, Nintendo mengumumkan bahwa di bulan Oktober kemarin, penjualan Nintendo Switch (dan Switch Lite) di Amerika mencapai 735,926 unit. Bahkan, tingkat penjualan console milik Nintendo itu mampu mengungguli PS4 dan Xbox One. Data ini menobatkan Switch sebagai gaming console kedua yang mencapai penjualan bulan Oktober tertinggi dalam sejarah gaming.

Sekadar info, posisi pertama ditempati Nintendo Wii, yang mencapai penjualan 807,000 unit di bulan Oktober 2008. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.