PlayStation Store Hentikan Support Untuk PS3, PSP dan PS Vita

137

Sekitar penghujung tahun 2020, Sony meluncurkan produk terbaru dari lini PlayStation miliknya melalui PlayStation 5. Dengan semua kecanggihan yang dibenamkan ke dalamnya, dengan cepat konsol tersebut jadi incaran semua kalangan. Namun, seiring dengan kehadirannya, Sony harus mengambil keputusan sulit dengan menghentikan layanan PlayStation Store bagi ketiga produk lamanya.

Sony Interactive Entertainment (SIE) mengumumkan bahwa mereka akan menutup PlayStation Store bagi PS3 dan PSP pada tanggal 2 Juli mendatang. Sementara untuk PlayStation Vita, penutupan akan berlangsung tanggal 27 Agustus 2021. SIE menyatakan kalau hal tersebut terpaksa dilakukan sebagai upaya untuk memfokuskan resource mereka untuk konsol PlayStation 5 dan PlayStation 4.

Setelah layanan PS Store dihentikan, pemilik ketiga konsol yang dimaksud masih bisa mengakses sejumlah fitur. Di antaranya adalah mengunduh ulang game-game atau mengakses konten video/media yang sudah dibeli. Untuk itu, kalian hanya perlu mengakses Download List di masing-masing perangkat. Gamer juga masih bisa me-redeem voucher PlayStation Plus. Sementara member PS Plus tetap bisa men-dowload dan memainkan beragam game selama keanggotaan mereka tetap aktif.

Seiring dengan penutupan layanan PlayStation Store, sejumlah fitur tidak akan tersedia lagi untuk para pemilik PS3, PSP, dan PS Vita. Utamanya membeli konten digital bagi ketiga console, termasuk game atau video, hingga melakukan in-game purchase. Jadi, bagi yang ingin memainkan game-game lain, kalian punya waktu hingga bulan Juli-Agustus untuk melakukan pembelian.

Perlu diperhatikan bahwa penghentian layanan PS Store tidak membuat dana di PSN wallet funds ikut hangus. Dana milik gamer tetap tersimpan di akun PlayStation, tapi kini hanya dapat digunakan untuk membeli produk-produk untuk PS5 atau PS4. Info lebih jelas bisa gamer lihat melalui tautan berikut ini.

Banyak kalangan yang kecewa dengan penghentian PS Store. Pasalnya, hal itu berarti banyak game dari era PlayStation pertama serta PSP yang bakal menghilang. Jika SIE tidak memboyongnya ke konsol generasi anyar dalam bentuk digital maupun fisik, maka semuanya akan musnah secara permanen. [Aseek]




One thought on “PlayStation Store Hentikan Support Untuk PS3, PSP dan PS Vita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.