Preview Doom – Impressive Re-imaging of Doom

334

 

Diumumkan di ajang QuakeCon yang digelar tahun 2014 lalu, Doom yang akan dirilis untuk PC, PS4 dan XONE nanti digarap sebagai sebuah reboot. Sampai sejauh ini, plot atau alur cerita yang akan disajikan masih sangat rahasia. Hanya segelintir info yang sudah tersebar, yaitu setting tempatnya yang berada jauh di planet Mars, di mana UAC Corporation menemukan simbol-simbol kecerdasan yang bisa mendatangkan para monster/iblis dari Neraka. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang bisa dijadikan acuan untuk menilai game ini. Doom sepertinya akan berkutat pada tiga faktor utama, yaitu monster (demon) yang benar-benar kejam, senjata yang besar, dan gameplay yang bertempo cepat. Sudah dipastikan juga kalau id Software akan menggunakan banyak fitur dalam menciptakan pengalaman bermain nan seru seperti yang disuguhkan dalam seri Rage.

Screen Doom 10

Doom juga menyajikan sejumlah senjata yang bisa didapatkan dan digantikan secara bebas oleh gamer di sepanjang permainan. Versi terbaru ini akan kembali membawa beberapa senjata klasik seperti super shotgun, dan BFG 9000 yang juga hadir di seri Quake. Sebagai tambahan, senjata-senjata lain seperti gergaji mesin pun akan menambah semarak permainan. Di samping menampilkan tema horor klasik, kebrutalan juga menjadi hal yang tak terlupakan oleh fans Doom. Tidak hanya senjata-senjata canggih yang kembali hadir, musuh-musuh bebuyutan yang menjadi targetmu juga kembali ambil bagian dalam game ini seperti Revenant, Mancubus, dan Cyberdemon, ditemani oleh sejumlah monster baru. Dibandingkan dengan game sejenis lainnya seperti Titanfall, Doom memang memiliki area permainan yang lebih kecil, tetapi map¬-nya sendiri cukup luas untuk kamu telusuri.

Screen Doom 01

Salah satu gameplay element paling kuat dalam Doom adalah ketiadaan senjata sekunder, di mana kini kalian dapat memiliki sejumlah senjata dalam setiap sesi permainan. Di samping itu, dalam demonya gamer juga dapat memilih antara portal teleportasi dan frag grenades. Portal teleportasi bisa menjadi kunci taktis jika digunakan secara berhati-hati, di mana kamu bisa berpindah ruang dengan cepat. Semisal saat berbelok ke koridor lain dan sesosok monster menyergapmu dari depan secara mendadak, kamu bisa mengaktifkannya untuk muncul di belakang monster itu. Sama halnya dengan amunisi senjata. Saat bermain, karakter utamamu dibekali dengan first-aid kit yang bisa didapatkan saat musuh mati, dan begitu pun sebaliknya. Jika kamu yang mati dalam permainan, maka musuh yang akan mendapatkan nyawa tambahan.

Screen Doom 05

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kejutan terbesar dari versi reboot dari Doom ini adalah tingkat kebrutalannya yang tinggi. Ketika menghabisi musuh, kamu bisa melihat animasi mengenai bagaimana kamu membunuh mereka. Semuanya terbalut dalam sistem combat yang berjalan sangat cepat, memacu adrenalin, dan menimbulkan excitement yang tinggi. Doom pun menyediakan mode multiplayer yang variatif; sebut saja sistem deathmatch yang menampung 4 pemain, domination, freeze tag, dan clan arena. Sebagai tambahan, Doom juga menawarkan built-in tool bernama Doom SnapMap yang memungkinkan pemain untuk membuat peta sendiri dan menciptakan mode game baru, lalu membagikannya ke komunitas Doom secara online.

Publisher: Bethesda Softworks
Developer: id Software
Genre: First-Person Shooter
Release: 13 Mei 2016
Platform: PC, PS4, Xbox One


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.