Project xCloud, Layanan Game Streaming Dari Microsoft

719

Game streaming nampaknya jadi fitur yang mulai naik daun, sehingga berbagai pihak berusaha untuk menampilkan layanan tersebut. Setelah sebelumnya Google menampilkan Project Stream yang memungkinkan gamer untuk memainkan Assassin’s Creed Origin via browser Chrome, kini giliran Microsoft yang menampilkan hal serupa. Melalui Project xCloud, mereka menyediakan layanan yang memungkinkan user untuk memainkan game-game Xbox One melalui perangkat apa pun dan di mana saja, asalkan mempunyai koneksi internet yang memadai.

Lewat blog resminya, Microsoft memberikan beragam informasi yang berkenaan dengan Project xCloud. Salah satunya adalah bahwa layanan itu kini tengah memasuki masa percobaan, ditujukan bagi platform PC dan mobile phone. Disebutkan bahwa mereka telah mendistribusikan perangkat keras Xbox One ke datacenter Azure di 54 lokasi, memungkinkan sejumlah kalangan di kawasan tersebut untuk memainkan game-game Xbox One lewat streaming.

Beberapa judul yang tersedia di masa testing ini adalah Sea of Thieves, Gears of War 5 dan Halo Infinite. Walau merekomendasikan pemakaian controller Xbox One yang mendukung teknologi bluetooth, pihak Microsoft tengah menyiapkan alternatif lain untuk perangkat berbeda (seperti touchscreen). Untuk sementara, layanan Project xCloud dijalankan dengan kecepatan 10 megabit per detik. Ke depannya, Microsoft akan berusaha untuk meningkatkan kecepatan data transfer, sekaligus memungkinkan game streaming tidak hanya memakai jaringan 5G tapi juga 4G.

Microsoft berencana untuk meluncurkan public trial pada tahun 2019 nanti, untuk mengetahui batasan serta kemampuan game streaming Project xCloud. Bagaimana performa layanan ini, dibandingkan dengan service serupa yang disediakan oleh Google melalui Project Streaming? [Aseek]




4 thoughts on “Project xCloud, Layanan Game Streaming Dari Microsoft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.