PUBG Mobile Berubah Jadi Game for Peace di Tiongkok

409

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ketatnya peraturan yang dikeluarkan pemerintah Tiongkok, membuat tersendatnya perkembangan industri gaming di negara tersebut. Kini, video game yang menampilkan kekerasan, nudity, serta perjudian dilarang untuk beredar. Hal ini memaksa sejumlah publisher untuk memutar otak, agar produk yang mereka miliki bisa tetap eksis. Salah satunya adalah Tencent Games, yang belakangan ini merubah PUBG Mobile menjadi game baru berjudul Game for Peace.

Di tahun 2017 lalu, atas desakan pemerintah karena dipandang sarat nuansa kekerasan, Tencent melakukan perubahan terhadap PUBG Mobile. Meski begitu, mereka tidak mendapatkan izin untuk memperoleh profit melalui in-app purchase (IAP). Untuk menyiasatinya, Tencent “mematikan” PUBG Mobile di Negeri Tirai Bambu, dan menggantinya dengan permainan serupa tapi lebih “ramah kekerasan.” Game itu digarap oleh Krafton (sebelumnya bernama BlueHole), induk perusahaan PUBG Corporation selaku kreator PlayerUnknown’s Battlegrounds.

Secara garis besar, Game for Peace menampilkan mekanisme permainan serupa dengan PlayerUnknown’s Battlegrounds versi mobile. Namun, selain didedikasikan pada angkatan udara Tiongkok dan menampilkan tema counter-terrorism, semua hal berbau kekerasan dihilangkan dari game tersebut. Sebagai contoh, kini avatar-mu tidak akan mengeluarkan darah ketika ditembak. Bahkan mereka tidak akan mati; setelah tertembak, mereka akan bangun dan melambaikan tangan (sambil menjatuhkan item).

Tencent Games menyatakan kalau PUBG Mobile dan Game for Peace adalah dua game berbeda. Tapi berdasarkan laporan Reuters, player menyatakan kalau mereka menerima semua progress dan achievement ketika meng-upgrade ke permainan yang disebut terakhir. Bahkan, tidak sedikit yang melaporkan bahwa saat memulai permainan, mereka berada di lokasi terakhirnya dalam PUBG Mobile.

Seiring dengan kemunculan game tersebut, dilaporkan kalau saham Tencent mengalami peningkatan sebesar 2%. Di Tiongkok, PUBG Mobile dilaporkan mampu mencapai 70 juta user per harinya. Karena itu, para pakar dari China Renaissance memperkirakan kalau Game for Peace dapat mencapai perolehan serupa. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.