Purwarupa Nintendo PlayStation Dijual; Tertarik Membelinya?

137

Di tahun 1994, Sony meluncurkan produk mereka yakni PlayStation, gaming console yang membawa perubahan besar dalam dunia gaming. Kesuksesannya membuatnya dinobatkan sebagai salah satu konsol terlaris sepanjang masa, dengan penjualan mencapai 102,4 juta unit. Namun, sebelum “terlahir” dalam wujud yang kita ketahui, konsol itu memiliki purwarupa bernama Nintendo PlayStation. Dan prototype tersebut kini dilelang oleh pemiliknya!

Purwarupa konsol yang dinamakan Nintendo PlayStation tersebut dimiliki oleh Terry Diebold serta putranya, Dan. Setelah dipamerkan di berbagai gaming event selama dua tahun, mereka memutuskan untuk menjualnya melalui situs lelang online Heritage Auctions. Pelelangan bakal dilakukan tanggal 5-7 Maret 2020, sementara penawaran harga mulai dibuka pada 14 Februari mendatang.

Sekadar info, PlayStation berawal dari proyek kerja sama antara Nintendo dan Sony di tahun 1986 lalu. Kala itu, Nintendo meminta Sony membuat add-on CD-ROM untuk konsol SNES miliknya, yang kemudian dinamakan “Play Station.” Proyek itu berkembang menjadi sebuah konsol yang bisa memakai cartridge SNES, juga memainkan game dari CD. Namun, di tahun 1991, terjadi sengketa antara Nintendo dan Sony yang menyebabkan putusnya kerja sama di antara mereka.

Sebelum dibatalkan, proyek tersebut ternyata “menelurkan” sebuah prototype. Di tahun 2009, tanpa sengaja Terry Diebold berhasil mendapatkan konsol yang eksistensinya sempat dianggap sebagai mitos belaka!

Karena Heritage Auctions sendiri belum bisa memberikan perkiraan, hingga kini belum diketahui kisaran harga untuk Nintendo PlayStation. Yang pasti, para collector tentu tidak akan segan merogoh koceknya dalam-dalam, untuk mendapatkan konsol legendaris tersebut. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.