Ratchet & Clank – Reimaginign the tale of the “Dynamic Duo”

954

Dalam kamus bahasa Inggris, re-imagining diartikan sebagai “menceritakan ulang sebuah kisah secara garis besarnya saja”. Hal tersebut berlaku untuk game Ratchet & Clank, muncul di platform PS4, yang menceritakan ulang kisah dari game orisinalnya – berkisar seputar petualangan perdana Ratchet dan Clank dalam menyelamatkan galaksi – namun dengan sistem permainan yang berbeda. Jadi, game yang satu ini tidak hanya mengalami peningkatan kualitas grafis saja, tetapi benar-benar dikembangkan dari awal dan menampilkan elemen-elemen permainan baru yang tidak ditemui dalam versi aslinya!!

Screen Ratchet & Clank 08

Eye-Catching Visual
Tidak bisa dipungkiri bahwa perbedaan dalam segi kualitas visual – utamanya mereka yang pernah memainkan game Ratchet & Clank orisinal – jadi hal pertama yang langsung memancing perhatian. Hadir di konsol yang memiliki lemampuan tinggi membuat desain environment-nya kini jauh lebih mendetil, baik saat menampilkan kota bernuansa futuristis yang dipenuhi gedung-gedung tinggi menjulang, hutan nan lebat hingga daratan yang dipenuhi kehancuran, benar-benar memanjakan mata. Semua itu bisa membuatmu lupa bahwa yang tengah dihadapi adalah sebuah game.

Tapi usaha Insomniac Games dalam menampilkan visual yang berkualitas tidak berhenti di situ saja, karena melalui kerjasama dengan pihak Rainmaker Entertainment selaku penggarap Ratchet & Clank versi movie, pihak developer dapat menyisipkan beragam cutscene yang diadopsi langsung dari versi filmnya, yang tentunya tidak kalah menarik untuk disimak. Hal tersebut menimbulkan kesan terjadinya kolaborasi yang sangat baik antara versi game dengan filmnya, untuk memberikan sebuah pengalaman yang rasanya jarang bisa kita temukan di dunia gaming, sehingga tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Screen Ratchet & Clank 09

Time for Some Action!!
Tapi visual bukan satu-satunya fitur yang ditonjolkan dalam Ratchet & Clank versi terbaru, karena gameplay yang seru dan menantanglah yang membuat game orisinalnya disukai oleh kalangan gamer. Untung semua itu dapat dipertahankan oleh pihak developer sehingga versi re-imagining ini mampu menampilkan permainan yang berkualitas. Berbeda dengan game-game berjenis platformer lain, di sini pemakaian senjata menjadi hal utama dalam gameplay-nya di mana sang jagoan utamamu yakni Ratchet dibekali dengan beragam senjata untuk menghajar lawan.

Di samping memakai OmniWrench untuk menggebuk musuh dari jarak dekat, kita dapat memakai senjata-senjata unik yang bisa membuatmu tersenyum-senyum melihat efek yang dihasilkannya. Contohnya ialah Groovitron, senjata dengan disco ball sebagai amunisinya yang bakal membuat musuh di sekitarnya menari sehingga memudahkanmu untuk menghajar mereka. Ada pula Pixelizer yang mampu merubah lawan menjadi bentuk 8-bit (sesuai dengan namanya), Sheepinator yang akan membuat lawan menjadi seekor domba, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya senjata yang bisa digunakan selama dalam permainan, memilih senjata paling efektif menjadi hal yang wajib kalian lakukan di sini. Oh, selain digunakan untuk menghajar lawanmu, senjata tertentu juga dapat dipakai untuk menyelesaikan puzzle.

Screen Ratchet & Clank 10

Tidak sekedar menjadi koleksi saja, dalam game ini kalian juga dapat menemui kemampuan untuk meng-upgrade senjatamu supaya memiliki kemampuan yang lebih dahsyat. Setiap senjata memiliki 4 jenis stats yang dapat gamer tingkatkan seperti Ammo, Overclock Tweak, Area of Effect dan Range. Perlu diperhatikan bahwa untuk meng-upgrade senjata dibutuhkan item khusus bernama Raritanium yang cukup sulit untuk didapatkan – biasanya berada di lokasi yang tersembunyi – sehingga mengharuskan kita untuk membuka mata lebar-lebar ketika menjelajahi sebuah area agar dapat menemukan collectible tersebut.

Sama seperti versi orisinalnya, di sini gamer juga bisa menemui beragam aktivitas menarik lainnya yang bisa dijalankan di luar menembaki lawan maupun menjelajahi setiap level – utamanya adalah Hoverboard Race di planet Rilgar yang sangat menarik untuk dijalani. Di samping seru, mini-game ini juga menghadiahi pemain dengan beragam reward yang pasti berguna dalam petualanganmu.

Screen Ratchet & Clank 11

Publisher: Sony Interactive Entertainment
Developer: Insomniac Games
Genre: Platformer, Shooter
Release: April 2016
Platform: PlayStation 4




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.