Red Dead Online Siapkan Pemburu Player “Nakal”

237

Selain masalah teknis, problem yang dihadapi game-game yang menampilkan multiplayer play adalah para pemain yang “nakal.” Sementara sebagian besar gamer memilih menikmati konten permainan, sejumlah oknum justru mencari kesenangan dengan mengganggu player lain. Masalah ini juga menimpa Red Dead Online, versi online multiplayer dari Red Dead Redemption 2, yang masih berstatus public beta. Tapi Rockstar Studios selaku developer telah menyiapkan penangkalnya, yakni para bounty hunter!

Melalui update yang akan diluncurkan pada tanggal 26 Februari, Rockstar melakukan perubahan pada sistem Bounty Hunters dan Law. Kini, gamer yang sering berbuat onar (troll, griefer) bakal beresiko diburu oleh para bounty hunter NPC. Makin tinggi bounty yang dimilikinya, maka semakin banyak NPC yang bakal mengejarmu, serta dilengkapi persenjataan lebih kuat.

Bahkan jika mereka bisa menghindari kejaran bounty hunter, setelah beberapa waktu, para pemain nakal bukan lagi ditangkap, tapi akan dihabisi! Hal ini tentu akan menyulitkan para troll, juga gamer lain yang bermain bersamanya, untuk menjelajahi dunai permainan dengan leluasa.

Perlu diperhatikan bahwa kini, tindak kejahatan yang gamer lakukan memiliki tingkatan tersendiri, dan berpengaruh pada bounty yang didapat. Sebagai contoh, membunuh player lain dianggap sebagai tindak kriminal tertinggi, sehingga pelakunya bakal mendapatkan bounty tinggi. Sementara menganiaya NPC atau binatang hanya memberimu bounty rendah, jika tindakan itu dilaporkan ke pihak berwajib. Dan aksi macam looting atau menggasak item milik orang lain, hanya mengurangi status Honor yang mereka miliki.

Update ini juga memberikan kemudahan bagi gamer, dalam mendeteksi player yang agresif atau senang berbuat onar. Makin sering mereka melakukan tindakan ilegal, maka posisinya (termasuk para Posse miliknya) pada mini-map semakin mudah terlihat. Jika terus melakukan keonaran, posisinya bahkan bisa dilihat dari jarak yang sangat jauh, memudahkan pemain lain untuk menghindari mereka.

Red Dead Online sudah bisa dimainkan oleh para pemilik Red Dead Redemption 2 di PlayStation 4 dan Xbox One. Sayangnya, hingga kini Rockstar belum mengabari kapan game tersebut akan tersedia di platform PC. [Aseek]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.