Resident Evil 0 HD Remaster

2381

Melalui Resident Evil HD Remaster yang telah dirilis di awal tahun 2015 lalu, gamer masa kini dapat merasakan seperti apa permainan survival-horror sesungguhnya yang diusung oleh seri RE generasi awal – hal yang membuatnya disukai oleh banyak gamer sampai akhirnya sukses di pasaran. Dan untuk tahun 2016 ini, Capcom kembali membangkitkan judul “oldies but goodies” lainnya yakni Resident Evil 0 HD Remaster, remake dari versi aslinya yang dirilis tahun 2002 lalu. Sesuai dengan judulnya, game ini merupakan prequel yang memfokuskan ceritanya pada salah satu tokoh minor dalam RE pertama yakni Rebecca Chambers, sekaligus menjadi babak awal dari kengerian yang nantinya melanda Raccoon City.

Screen RE 0 HD Remaster 04

Old, But Not Obsolete
Kisahnya berawal dari pertemuan Rebecca dengan napi Billy Coen di kereta Ecliptic Express, yang dihuni oleh zombie-zombie ganas dan beragam makhluk mengerikan lainnya. Untuk menyelamatkan diri, mereka memasuki fasilitas milik Umbrella yang sudah lama ditinggalkan – tempat yang justru menjadi sumber dari semua kengerian yang mereka hadapi!! Jika dibandingkan dengan game-game masa kini storyline yang dimiliki Resident Evil 0 bisa dikatakan ketinggalan jaman, dan semua itu dapat kalian buktikan selama memainkan game ini. Mulai dari cutscene di mana James Marcus berdiri di puncak tebing sementara Ecliptic Express diserang kawanan Leech, yang kini malah terkesan norak, hingga narasinya yang kadang terasa lebay dan kurang berkualitas.

Tapi mau bagaimana lagi, lha wong yang kalian mainkan adalah remake dari permainan jaman dahulu koq. Meski berbentuk remake, Capcom tidak sekedar meningkatkan kualitas tampilannya saja. Ternyata mereka telah mendesain ulang semua model karakter, termasuk beragam monster yang terdapat dalam permainan, sehingga terlihat lebih sesuai dengan era masa kini. Dipadu dengan dunia permainan yang kini tampil semakin mantap berkat perbaikan di berbagai bidang, Resident Evil 0 HD Remake tampak seperti sebuah game PS4 “kelas ekonomi” yang mampu menawarkan permainan yang seru dan menantang, meski dari segi tampilan tidak terlalu menarik.

Screen RE 0 HD Remaster 03

The Root of All Evil
Bagi gamer yang sudah mencoba Resident Evil HD Remaster dan merasa kalau permainannya cukup sulit (tapi seru), bersiaplah untuk menemui tantangan lebih dalam RE0 HD. Pertama, game ini tidak memiliki Item Box yang bisa kalian gunakan untuk menyimpan item yang tidak terpakai, memaksamu untuk mengatur inventory sebaik mungkin dan membatasi jumlah item yang bisa dibawa. Sebagai konsekwensinya, gamer harus lebih berhati-hati selama dalam petualangan dan ketika berhadapan dengan musuh, terutama di awal-awal permainan. Kenapa? Karena Eclipse Express yang menjadi setting awalmu didominasi oleh tempat-tempat yang sempit, sehingga membuat pergerakan kita terbatas.

Hal menarik yang dimiliki oleh Resident Evil 0 – dan tidak dapat ditemukan dalam game RE lainnya – adalah Partner Zapping, di mana kalian akan mengendalikan dua karakter secara bersamaan dan dapat bergonta-ganti karakter dengan bebas. Saat bermain sebagai Rebecca misalnya, kalian akan didampingi oleh Billy yang dapat disuruh untuk diam di tempat atau mengikutimu, dan juga sebaliknya. Tapi tidak selamanya gamer akan didampingi oleh partner-mu karena di beragam kesempatan, kedua karakter harus berjalan sendiri-sendiri untuk menyelesaikan puzzle atau membuka area bagi karakter lain. Pada momen inilah, tidak jarang partner-mu meminta pertolongan sehingga kalian harus berpikir cepat dalam memilih tindakan: bertukar posisi, atau bergerak ke tempat dia berada.

Saat-saat ketika Rebecca dan Billy terpisah juga menjadi momen paling menarik dalam RE0 karena di sepanjang jalan, satu karakter dapat menemukan item yang dibutuhkan oleh karakter lain baik untuk meneruskan perjalanan atau menyelesaikan puzzle yang ditemuinya. Hal ini membuka fitur selanjutnya yakni Item Swap di mana melalui lokasi tertentu, kita dapat mengirimkan item pada partner-mu. Memang sih fitur ini terasa sedikit ribet karena kita harus berjalan ke tempat yang dimaksud untuk mengirim atau menerima item, tapi setidaknya perjalananmu berguna bagi kelangsungan hidup kedua karakter.

Screen RE 0 HD Remaster 01

Play as Super Wesker!!
Untuk versi remake ini Capcom telah menambahkan mode tambahan yang menarik yakni Wesker Mode. Meski pada dasarnya mode ini hanya memberikan skin Wesker untuk Billy, tapi karaktermu kini dibekali dengan beragam super power yang sangat ampuh. Pertama adalah Shadow Dash, kemampuan untuk berlari cepat hingga menabrak musuh, serta Death Stare yang mampu menghabisi para zombie atau monster-monster lainnya dalam waktu singkat. Hal tersebut mampu merubah jalannya permainan di mana dengan kekuatan super yang dimiliki oleh Wesker, pemain seakan diberi sarana untuk “membalas dendam” setelah dalam sesi sebelumnya dipaksa untuk bermain secara hati-hati dan penuh perhitungan.

Selain Wesker Mode, kalian juga bisa menemui mini-game Leech Hunter Mode – dipertahankan dari versi orisinalnya – yang tidak kalah menarik untuk dimainkan, dan menghadiahi pemain dengan beragam bonus costume nan unik. Jadi meski tidak banyak menampilkan hal yang baru, Resident Evil 0 HD Remaster mampu memberikan pengalaman bermain survival-horror yang sangat menantang.

Screen RE 0 HD Remaster 02

Overall Score: 8/10

Publisher: Capcom
Developer: Capcom
Genre: Survival-Horror
Release: Januari 2016
Platform: PC, PS3, PS4, X360, XONE




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.