Review Fallout Shelter – Brings you the spirit of Fallout

1513

 

Konferensi pers yang digelar pertama kali oleh Bethesda di ajang E3 2015 lalu hadir dengan info-info yang sudah banyak diprediksi orang-, seperti pengumuman mengenai Dishonored 2, tanggal rilis Fallout 4, Doom, hingga Elder Scrolls Online. Semua judul tersebut sangat mengagumkan, tetapi tidak banyak memberikan sesuatu yang “wah”. Tetapi kemudian kejutan yang tak diduga hadir di sela-sela pengumuman tersebut saat Todd Howard, Produser Eksekutif Bethesda, datang dengan sesuatu yang tak disangka-sangka: Fallout Shelter, mobile game untuk iOS yang gratis dimainkan di mana game ini meminta mobile gamer untuk mengatur vault atau bungker di Wasteland. Seperti yang diakui Howard, sejak iPhone pertama kali meluncur pada tahun 2005 satu sekade lalu, ia dan rekan-rekannya di Bethesda terdorong untuk merilis mobile game. Namun baru kali ini rencana tersebut bisa terwujud.

Screen Fallout Shelter 10

Post-Apocalyptic World-Building

Seperti yang sudah kamu ketahui, Fallout Shelter merupakan game world-building yang banyak mengambil ilham dari game serupa yang sudah ada seperti Little Computer People, X-COM, Sim City, hingga Progress Quest. Di dalam game yang dikemas dengan grafis menawan ini, kamu akan berperan sebagai Observer yang bertugas untuk mengelola Vault dengan menyediakan berbagai fasilitas penunjang hidup bagi para penghuni bungker tersebut. Ketika pertama kali memainkan game ini, kamu akan berhadapan dengan tutorial untuk membangun sejumlah fasilitas penunjang. Dan awal mula Fallout Shelter juga dimulai dengan sekelompok orang yang mengantri untuk masuk ke dalam Vault yang kamu kelola.

Semua penghuni Vault memiliki penampilan yang mirip dengan Vault Boy, maskot ikonik milik Fallout, serta mempunyai semangat hidup yang membara meskipun berada di dunia post-apocalyptic. Sinopsisnya tersebut membuat Fallout Shelter memiliki nuansa yang unik dan berbeda. Ketika seri Fallout sudah berevolusi menjadi permainan role-playing game/shooter, Fallout Shelter mempersempit cakupan tujuan permainannya menjadi pengelolaan sumber daya. Di dalam Fallout Shelter kamu memerlukan listrik untuk menghidupkan sejumlah struktur bangunan berharga, air untuk mencegah kekeringan, dan kamu pun memerlukan makanan agar para penghuni Vault tidak kelaparan. Struktur bangunan tertentu bisa kamu upgrade dan perluas, kemudian digabungkan untuk membuat bangunan-bangunan yang lebih fungsional seperti stasiun radio, tempat penyimpanan senjata, atau area pengobatan.

Screen Fallout Shelter 03

Sama seperti virtual ant farm lainnya, penghuni Vault memiliki status yang berbeda-beda yang menentukan pekerjaan yang akan mereka jalani. Sebagai contoh, penghuni yang memiliki kecerdasan tinggi cocok untuk ditempatkan di laboratorium sains, dan ia akan sangat terusik jika diperintahkan untuk melayani penghuni lainnya. Oleh karena itu, kamu harus memahami betul bagaimana menjaga mereka karena mereka adalah sumber daya yang paling penting. Betapa tidak? Setiap fasilitas yang ada membutuhkan orang untuk menjalankannya. Tidak hanya itu, mereka juga bertugas untuk mengatasi berbagai masalah yang kemungkinan timbul di Vault. Seperti bencana alam yang datang, serbuan kecoa mutan RadRoach, kebakaran, hingga serangan tak terduga dari para Raider. Jika tidak diatasi dengan baik, masalah-masalah tersebut dapat menimbulkan kehancuran bagi Vault yang kamu bangun dengan susah payah.

Screen Fallout Shelter 09

Expand Your Vault

Jika kamu ingin memperluas Vault, maka artinya kamu harus menambah jumlah populasi penghuni bungker. Kadang-kadang ada juga orang yang tiba-tiba masuk ke dalam Vault dari luar, tetapi kamu bisa melakukan cara tradisional untuk menambah jumlah populasi di dalam Vault yakni dengan menjodohkan mereka. Kamu bisa menempatkan penghuni bungker dengan jenis kelamin yang berlawanan di satu tempat yang sama, dan kemudian menunggu “keajaiban” untuk terjadi. Jika orang-orang yang memiliki kharisma yang cukup maka mereka bisa menghasilkan anak-anak. Menarik, bukan? Tidak heran, aspek inilah yang membedakan Fallout Shelter dengan simulasi permainan mobile lainnya. Selain itu, para penghuni Vault bisa kamu tugaskan untuk berkelana ke Wasteland dan mencari berbagai item untuk dibawa pulang. Pun begitu, kamu tidak bisa mengendalikan penghuni yang berada di luar Vault selain membaca catatan perjalanan mereka saja.

Screen Fallout Shelter 02

A Lovable Graphics and SFX

Fallout Shelter menghidangkan tampilan grafis dan efek suara yang tidak perlu diragukan lagi. Dunia permainan yang ada di dalam game berukuran 200 MB ini dikemas melalui teknologi 2,5D dengan sudut pandang dua dimensi dari arah samping. Semunya itu dipadu dengan efek tiga dimensi yang bisa kamu temukan di dalam ruangan di Vault. Sementara itu, efek suara yang melatarbelakangi sepanjang permainan Fallout Shelter bisa kamu nikmati dengan baik, meskipun tidak terasa outstanding. Satu hal yang pasti, nuansa klasik-modern bisa kamu temukan di dalam barisan nada dalam game ini.

Meskipun Fallout Shelter dikemas dengan tampilan yang estetis dan dark humor di dalamnya akan sangat mengingatkan mobile gamer kepada seri Fallout, game ini mempunyai satu kelemahan yang bisa menjadi masalah: gameplay yang berulang-ulang serta lambat untuk dimainkan. Ketika Tiny Tower menawarkan kecepatan yang lebih tinggi, kamu mungkin akan merasa bosan dengan berbagai tugas harian di dalam Fallout Shelter. Pun demikian, sebagai freemium game, Fallout Shelter menawarkan simulasi ant farm yang akan dikenang dan mengejutkan.

gb_Screen Fallout Shelter 01

Overall Score: 8/10

Publisher: Bethesda Softworks LLC
Developer: Bethesda Softworks LLC
Genre: Simulation
Platform: iOS
Price: Free




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.