Review Game Apps – PewDiePie : The Legend of Brofist

933

Siapa yang tidak kenal dengan PewDiePie, pria bernama asli Felix Arvid Ulf Kjellberg telah memiliki 40 juta lebih subscriber di Youtube. Dalam akun YouTubenya tersebut ia selalu membagikan video-video yang di dalamnya berisikan game yang ia mainkan. Pembawaannya yang kocak dan juga berbagi komentar-komentar menarik yang ia ucapkan saat memainkan berbagai game merupakan salah satu dari banyak hal positif yang dimilikinya. Maka tak heran ada banyak gamer yang betah menonton hampir semua video yang diunggahnya dalam akun Youtube resminya. Di sisi lain, sebagai seorang gamer ia juga memiliki keinginan yang telah lama dipendamnya yaitu merilis game-nya sendiri. Keinginannya ini ia bagikan dengan para fans-nya dan pada bulan Desember 2014 ia mengumumkan bahwa ia bekerjasama dengan studio game Outerminds sedang mengggarap game yang bertemakan PewDiePie.

Tak hanya PewDiePie (Pewds) saja, ada banyak tokoh lainnya yang ikut ambil bagian dalam meramaikan game tersebut. Tokoh-tokoh tersebut kebanyakan merupakan orang terdekat dari Pewds sendiri seperti CutiePieMarzia (Marzia Bisognin) yang tak lain adalah kekasihnya serta tak lupa dua anjing kesayangan Pewds yaitu Edgar dan Maya. Tak hanya itu saja, Pewds juga mengajak para tokoh “Let’s Play” lainnya yang juga tak kalah terkenal di kalangan para gamer seperti Markiplier, JackSepticEye, Cryaotic dan juga CinnamonToastKen. Lalu pada tanggal 24 September 2015 gamenya yang berjudul PewDiePie: Legend of the Brofist pun telah resmi dirilis di pasar aplikasi Android dan juga iOS. Namun apakah game ini bakal sesukses Pewds dalam menggaet hati para gamer di seluruh dunia?

2

It’s So Pewds
Seperti yang telah disebutkan di atas, game ini merupakan hasrat dari Pewds sebagai seorang gamer yang ingin memiliki game-nya sendiri. Di dasari atas hasrat itulah dalam pengembangan game ini, ia mengambil peran sangat besar dalam menentukan permainan yang didesain sedemikian rupa untuk memenuhi keingin para gamer terutama para fans-nya di luar sana. Seperti kebanyakan game platformer, kamu akan diajak untuk berpetualang dalam dunia yang disuguhkan dalam grafis 2D secara side-scrolling. Permainan akan dimulai di dalam rumah Pewds di mana saat ia baru saja menyelesaikan video permainan game-nya ia menemui sebuah kejanggalan. Video terakhir yang ia upload di akun Youtube-nya belum memiliki satu viewer-pun. Lalu setelah itu munculah Barrel King yang menyatakan bahwa ia telah menculik semua fansnya. Tentu saja sebagai seorang internet celebrity yang sangat mencintai para fansnya, Pewds lalu memutuskan untuk menghadapi Barrel King dan semua kroco-kroconya untuk menolong semua fans-nya.

Dalam game ini kamu kan melakukan aksi seperti layaknya Mario Bros dalam mengalahkan musuh-musuhmu. Bisa ditebak kan? Pewds harus melompat dan menginjak para musuh untuk membunuh mereka semua. Untuk bisa menggerakan Pewds kamu disediakan dua skema kontrol yang bisa digunakan. Yang pertama adalah skema kontrol virtual joystik di mana dengan ini kalian akan mengerakan Pewds dengan melakukan tap and drag ke arah yang dituju di sebelah kiri layar. Sedangkan untuk melakukan lompatan kamu cukup melakukan tap pada bagia kanan layar ponsel. Selain joystik, kamu juga bisa menggunakan skema kontrol button di mana sebelah kiri layar akan menampilkan tombol-tombol arah yang bisa dieksekusi hanya dengan melakukan tap and hold. Sebelah kanan layar masih berfungsi untuk mengeksekusi lompatan. Kedua skema kontrol ni terbilang mudah dan cukup responsif saat dieksekusi. Mengenai pilihan kontrol mana yang lebih nyaman untuk digunakan, semuanya kembali lagi gamer sendiri karena pastinya setiap gamer memiliki pilihannya sendiri.6

Tak sendirian, Pewds akan bertarung bersama dengan companion-nya yaitu dua anjing pug kesayangannya yaitu Maya dan juga Edgar. Kedua anjing ini akan bergerak mengikuti gerakan Pewds kemanapun ia pergi. Walaupun hanya mengikuti kedua anjing ini memiliki fungsi yang penting loh! Jika nantinya kalian tanpa sengaja membuat Pewds jatuh ke dalam jurang, kolam es ataupun ketiban paus raksasa yang jatuh dari langit, maka ia memiliki kesempatan untuk hidup kembali dengan cara mengorbankan nyawa si anjing tersebut. Karena Pewds memiliki dua ekor anjing, maka ia punya dua kali kesempatan untuk hidup kembali. Perlu diingat, jika nanti kedua anjing ini telah tewas maka Pewds akan langsung mati saat jatuh ke jurang ataupun hal lainnya. Di sisi lain, Pewds juga memiliki sejumlah nyawa yang disimbolkan dengan bentuk hati. Nyawa ini akan berkurang saat Pewds terkena tembakan ataupun tubuh dari musuh-musuh kecil seperti para barrel, burung pinguin sampai bola besi berteknologi laser. Nantinya jika nyawa kalian tinggal satu lagi namun masih memiliki companion, maka saat terkena serangan msuh karakter masih bisa bertahan. Namun jika gamer tak lagi memiliki companion maka karakter kalian akan tewas. Tak usah khawatir karena kamu bisa mendapatkan tambahan nyawa tambahan yang tersedia di setiap level.

5

Selain companion, Pewds dan karakter lainnya memiliki skill-nya masing-masing yang bisa digunakan pada saat terdesak. Skill ini ada bermacam-macam, beberapa skill hanya bisa digunakan oleh karakter-karakter tertentu, dan beberapa skill lain bisa digunakan oleh semua karakter yang ada dalam game ini. Salah satu skilll khusus adalah The Pink Stache milik Malkiplier yang jika digunakan akan muncul sebagai sayap yang bisa membuat Mark dapat meloncat lebih tinggi dibandingkan loncatan standarnya. Skill ini hanya bisa digunakan oleh Markiplier, karena kumis berwarna pink tersebut adalah ciri khas Mark saat ia memulai debutnya sebagai Let’s Play celebrity di Youtube. Di sisi lain skill-skill seperti Pro 360 No Scope, Energy Shield ataupun Dr. Crab Healing bisa digunakan oleh semua karakter. Semua skill tersebut bisa didaptkan dengan cara membelinya dengan sejumlah koin.

Legend of the Brofist menawarkan sejumlah level dalam mapnya. Setiap level akan menghadapkanmu pada berbagai keadaan lingkungan dan musuh yang berbeda-beda. Sebagai contoh, gamer bakal dihadapkan dengan kondisi kutub yang dingin dengan banyak es mengapung dan burung pinguin yang siap meluncur dan menabrakmu. Gak cuma itu saja, kalian juga akan menghadapi badai salju yang bisa mendorong karakter yang dimainkan jatuh ke dalam kolam es yang mematikan. Belum lagi berbagai es beku yang tajam siap menghujamkan diri ke arah karakter bertebaran di dalamnya. Di sisi lain, gamer juga ditempatkan dalam sebuah hutan dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi. Sedikit saja salah langkah, karakter akan terpeleset dan jatuh lalu tewas. Tak hanya itu saja ada pula serigala jadi-jadian juga dengan penyihir hutan yang siap menyerangmu tanpa henti. Oh! Jangan lupakan gas beracun berwarna pink yang siap membunuhmu dengan kedatangannya yang tiba-tiba. Variasi level dan juga berbagai musuh yang berbeda dipastikan akan memberikan tantangan tanpa henti kepada setiap pemainnya.

8

Definitely Worth Playin’
Legend of the Brofist merupakan salah satu game yang tentu saja sangat membawa gaya PewDiePie di setiap suduut permainannya. Berbagai dialog kocak dan juga musuh-musuh yang tak terasa masuk akal ini dipastikan bakal menghibur setiap pemainnya. Tak salah lagi para fans Pewds dipastikan akan sangat menikmati permainan ini, namun bukan berarti gamer yang asing dengan para pahlawan Let’s Play ini gak bakal menikmati game ini. Variasi level yang menantang juga dengan kesederhanaan skema kontrol yang mudah bakal membuat kalian menikmati setiap tantangan yang ada. Dibanderol dengan harga yang tidak murah dan juga tidak mahal, game ini siap membawamu ke dalam dunia penuh imajinasi PewDiePie yang absurd dan menyenangkan!!

Overall Score: 8/10

Publisher: Outerminds
Developer: Outerminds
Genre: Platformer, Adventure
Platform: Android, iOS
Price: Android Rp73.000, iOS Rp75.000




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.