Review Game Console – The Crew: Wild Run

373

Menyajikan permainan racing yang lengkap nampaknya menjadi tujuan utama Ivory Tower ketika mereka merilis The Crew, yang – meski harus diakui cukup menarik – sayangnya belum bisa memenuhi harapan. Mulai dari dunia permainan yang luas namun terasa kosong, handling bagi setiap kendaraan yang kurang mantap, hingga fitur online multiplayer yang bermasalah sehingga mengganggu keasyikan dalam bermain. Dan lewat DLC terbarunya yakni Wild Run, mereka berambisi memenuhi apa yang kurang dari game tersebut dengan menghadirkan lebih banyak konten. Tapi apakah ambisi tersebut dapat disampaikan dengan baik dan mampu membawa permainan yang disajikan oleh The Crew ke tingkatan yang lebih tinggi? Unfortunately, the answer is “Not exactly”.

Screen The Crew Wild Run 05

Dalam bidang handling, DLC ini memperbaiki sejumlah fitur permainan sehingga mengendalikan mobilmu kini terasa lebih mantap. Apalagi dengan hadirnya tuning profiles yang memungkinkan gamer untuk meng-equip kendaraanmu dengan specs sesuai dengan kebutuhan – contohnya drag ataupun drift – yang sangat memudahkan permainan. Sayangnya, di luar event balapan yang berkaitan dengan kedua hal yang disebutkan tadi, tuning profile tersebut sangat tidak cocok digunakan sehingga memaksa gamer untuk terus menggonta-ganti modifikasi bagi mobilmu. Dan beragam mini-objective yang bisa ditemui di sepanjang jalan, misalnya berada di jalur yang berlawanan sejauh beberapa puluh kilometer, terasa kurang menggigit dan lama-lama malah membosankan.

Screen The Crew Wild Run 07

Untunglah kehadiran dua vehicle baru yang bisa kalian gunakan yakni motor dan monster truck sedikit menutupi kekurangan yang terdapat dalam Wild Run. Motor yang lebih lincah membuat flow permainan bertambah cepat, memudahkan pemain untuk menjelajahi wilayah Amerika dengan lebih leluasa. Dan hadirnya beragam jenis motor yang bisa dipakai, mulai dari motor sport hingga dirt bike, menyajikan keunikan tersendiri. Namun tidak ada yang lebih seru ketimbang mengendarai monster truck “segede gaban”, terutama saat kalian menjalani event di mana kita harus melakukan beragam trick dan maneuver seperti halnya bermain skateboard. Rasanya menyenangkan melihat kendaraan raksasa tersebut bisa melakukan double backflip di lintasan!!

Screen The Crew Wild Run 09

Last but not the least, walau mampu menyajikan kualitas visual yang lebih baik dari versi orisinalnya tapi Wild Run masih terlihat “standar” untuk ukuran sebuah game bagi konsol current-gen. Salah satunya adalah draw distance yang kurang baik sehingga beragam objek (seperti bangunan) baru akan muncul setelah kalian berada dalam jarak tertentu. Jadi meski DLC ini sanggup “memperbesar” permainan dan menampilkan beberapa hal baru, tapi secara keseluruhan tidak begitu impressive dan tidak dapat bersaing dengan game-game racing lainnya macam Need for Speed terbaru atau Forza Motorsport 6.

Overall Score: 7/10

Publisher: Ubisoft
Developer: Ivory Tower
Genre: Racing
Release: November 2015
Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One