Review Game Disgaea 5: Alliance of Vengeance ~ Vengeance is ours!!

1357
Disgaea menjadi salah satu seri game yang disukai oleh gamer karena di balik semua kekonyolan yang dihadirkannya, terutama melalui dialog antara beragam karakter yang cukup nyeleneh, tersembunyi sistem permainan yang sangat “mendalam” berkat hadirnya berbagai fitur menarik yang mampu menyibukkan para pemain untuk jangka waktu yang lama. Keistimewaan ini pun tetap dipertahankan dalam game terbarunya yakni Disgaea 5: Alliance of Vengeance, yang telah dirilis bulan Oktober kemarin untuk kawasan US (versi Jepang-nya hadir di bulan Maret lalu). Apa sih yang membuat game ini wajib dikoleksi oleh para pemilik konsol PlayStation 4?

Screen Disgaea 5 05

Put the “Grin” in “Grinding”
Satu-satunya kelemahan yang dimiliki Alliance of Vengeance adalah ceritanya yang lebih dangkal dibandingkan dengan game-game sebelumnya. Bermain sebagai Killia, sesosok demon dengan kekuatan dahsyat yang (dibantu oleh pasukan The Lost nan tangguh) berusaha menghentikan Void Dark yang berniat menguasai seluruh Netherworld, kalian harus menjalin kerjasama dengan empat overlord dari setiap Netherworld – yang masing-masing mempunyai alasan tersendiri untuk melawan sang demon emperor – untuk bangkit dan mengadakan pemberontakan demi mendapatkan kebebasan. Tapi untunglah semua kekurangan itu tidak akan dirasakan begitu gamer memasuki permainan. Betul lho!!

Layaknya game-game Disgaea lainnya, grinding jadi satu aktivitas penting yang harus kalian jalankan di mana dengan melakukan hal tersebut maka gamer dapat memperkuat meningkatkan kekuatan setiap overlord juga unit milikmu. Namun jangan salah: proses grinding di sini tidak hanya berlaku untuk menambah kekuatan karaktermu saja karena ada masih banyak fitur lain yang mewajibkanmu untuk melakukan hal tersebut. Di antaranya adalah Item World, di mana kalian bisa memasuki dunia yang terdapat dalam sebuah item dan bertarung dengan para penghuninya untuk meningkatkan kekuatan maupun menarik keluar kemampuan tersembunyi yang dimiliki oleh item tersebut. Walaupun terlihat melelahkan karena setiap item mempunyai banyak “medan perang” yang bisa dimainkan, tapi semua itu justru menjadi tantangan yang menarik bagi para pemain sehingga tidak mustahil kalian malah ketagihan menjalaninya ketimbang menyelesaikan semua main battle – terutama karena reward-nya sangat menggiurkan!!

Screen Disgaea 5 06

Hal serupa juga dapat ditemukan dalam Character World, dunia yang dimiliki oleh setiap karakter di mana kita bisa meningkatkan kekuatannya. Sama seperti Item World, di sini kamu dapat bertarung dengan para penghuninya, mengunjungi shop untuk membeli item, bahkan menjalani sejumlah event yang akan menghadiahimu skill baru untuk karakter tersebut hingga item eksklusif yang hanya bisa ditemukan di Character World!! Dengan bentuknya yang menyerupai board game biasa, mengunjungi dunia ini juga dapat memberikan keasyikan tersendiri bagi gamer dan membuatmu penasaran untuk terus menjelajahi tile demi tile demi mengetahui hal menarik apa yang bisa kalian temui nantinya. Dengan banyaknya item maupun unit character yang tersedia dalam Disgaea 5, bisa ditebak berapa banyak waktu yang bisa dihabiskan untuk menjalani kedua “dunia” unik tersebut!!

Berkat kemunculan Item serta Character World, meski harus menghabiskan banyak waktu untuk menjalaninya tetapi semua itu justru memberikan aktivitas mengasyikkan yang bisa gamer jalankan di luar kegiatan utama lainnya sehingga memberikan replay value tersendiri bagi Alliance of Vengeance.

Screen Disgaea 5 20

Unleash Your Power!!
Di samping mempertahankan sejumlah elemen permainan yang juga digunakan dalam game-game Disgaea sebelumnya (yang mengalami perbaikan di berbagai bidang), Alliance of Vengeance juga menambahkan beragam fitur baru yang membuat permainan tampil lebih menantang. Contohnya ialah Revengen System, di mana semakin banyak unitmu diserang atau KO di tangan musuh maka Revenge Gauge akan semakin bertambah. Dan jika sudah penuh, kalian dapat mengaktifkan Revenge Mode yang mampu meningkatkan kekuatan para overlord yang tersisa di arena, juga membuka skill-skill baru dengan kekuatan yang dahsyat (disebut Overload). Contohnya, Killia dapat mengaktifkan Revelio of Tyrant yang memungkinkannya untuk bergerak lebih cepat sehingga mampu menghabisi pasukan musuh dalam waktu singkat!! Satu hal yang wajib kalian perhatikan: skill Overload hanya bisa dipakai satu kali dalam setiap map sehingga kalian harus memperhitungkan dengan baik kapan kita akan memakainya – satu lagi tantangan seru yang bakal gamer jumpai di sepanjang permainan.

Screen Disgaea 5 09

Fitur unik lainnya adalah Alliance Skills yang hanya bisa diaktifkan jika dua karakter dengan hubungan khusus – baik berupa kekasih atau saingan – berdiri berdekatan. For example, Killia dan Seraphina bisa memakai serangan gabungan Cryo Heartbreaker yang mengandung elemen Ice, Red Magnus dan Zeroken dapat menggunakan Cross Flame Gale untuk menyelimuti lawan dengan api, sementara Usalia dan Cristo bisa melancarkan Curry Break (??) yang…well, sebaiknya kalian lihat sendiri efeknya. Kehadiran fitur ini lagi-lagi menghadirkan strategi yang wajib kalian perhitungkan dalam peperangan sebagai taktik untuk mengalahkan pasukan musuh yang efektif. Oh, ada juga Dual Magichange yang memungkinkan gamer untuk memakai skill unik ketika menggunakan senjata Magichange dengan unit lain.

Elemen baru lainnya yang membuat permainan dalam Disgaea 5 tampil lebih menarik adalah Research Squad (mengirimkan unit yang tidak digunakan dalam battle ke Netherworld untuk memperoleh item atau prisoner), menjalankan beragam side-quest dengan reward menarik dari Quest Shop, mengisi perut sebelum menjalani battle di Curry Shop agar kalian mendapatkan stat boost tertentu, dan masih banyak lagi.

Screen Disgaea 5 11

Sweet Vengeance
Walau menghadirkan permainan yang sebagian besar merupakan hasil “daur ulang” dari game-game sebelumnya, namun Disgaea 5: Alliance of Vengeance tetap tampil fresh melalui kehadiran sejumlah fitur baru yang dibenamkan oleh pihak developer ke dalam gameplay-nya. Di samping itu, interaksi antara sejumlah karakter pun menjadi hal yang menarik untuk disimak karena bisa membuat kita tersenyum (atau tertawa, tergantung sense of humor masing-masing) – seperti Seraphina yang keukeuh yakin kalau kecantikannya bisa membuat semua pria mabuk kepalang, yang justru membuat Killia bete mendengarnya.

Untuk menambah seru permainan, NIS America telah menyiapkan DLC menarik yang bisa gamer dapatkan yakni hadirnya sejumlah karakter dari game-game garapan Nippon Ichi Software lainnya. Sementara ini karakter yang sudah dipastikan hadir adalah Zetta, Pram dan Peta dari Makai Kingdom (atau Phantom Kingdom), serta Lord Prierre dari La Pucelle: Tactics, dan (mungkin) masih banyak lagi karakter lainnya. In the end, semua kelebihan yang dimilikinya bisa membawa Alliance of Vengeance menjadi game Disgaea paling mantap!!

Overall Score: 8/10

Publisher: NIS America
Developer: Nippon Ichi Software
Genre: Strategy-RPG
Release: Oktober 2015
Platform: PlayStation 4

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.