Art Halo Spartan Strike 01

Review Game Halo: Spartan Strike

985

Art Halo Spartan Strike 01

Microsoft dan para staff 343 Industries telah meluncurkan dua game yang merupakan spin-off dari seri Halo. Pertama adalah Halo: Spartan Assault, yang melakukan debutnya pada tahun 2013 untuk perangkat Windows Phone, yang masuk ke ranah konsol dan Steam pada tahun 2014 dan akhirnya tiba di iOS di tahun 2015. Dan game terbaru mereka adalah Halo: Spartan Strike, yang hadir dengan petualangan baru. Meski Microsoft merilis kedua game secara bersamaan di iTunes, Spartan Strike merupakan sequel dari Spartan Assault sehingga bisa dikatakan kalau game tersebut hadir dengan kualitas yang lebih tinggi. Apa saja yang ditawarkan oleh Halo: Spartan Strike?

Screen Halo Spartan Strike 01

The Improvements
Baik Spartan Assault dan Spartan Strike memakai sudut pandang top-down third-person dengan permainan yang menawarkan aksi baku-tembak nan intens. Secara keseluruhan, Spartan Strike memakai mekanisme kontrol dan fitur yang serupa dengan Spartan Assault, tapi dengan beberapa perubahan pada gameplay-nya. Melalui kontrol dual-stick, kamu bisa mengendalikan pergerakan karaktermu juga senjata yang digunakan. Di sisi lain, melakukan tapping pada jagoanmu bakal mengaktifkan power-up mereka, sedangkan double tap pada bagian kanan layar bakal membuat Spartan milikmu melemparkan granat. Mekanisme kontrol ini terasa sangat standar, apalagi jika kamu terbiasa memainkan game top-down shooter di iPad atau iPhone-mu.

Jika gamer sudah mengenal senjata dalam franchise Halo, maka kamu bisa dengan mudah mengenali berbagai senjata yang ada dalam Spartan Strik, seperti granat plasma sampai rifle. Para pemain juga bisa menemui beragam gadget tambahan untuk dipakai, termasuk steroid untuk meningkatkan performance karaktermu, mulai dari kecepatan gerak sampai health regeneration. Nuansa dalam menembakan senjata juga berbeda tergantung jenis senjata yang sedang digunakan. Sebagai contoh, dengan beberapa senjata tertentu kamu bisa menggerakan jarimu dengan perlahan untuk membidik, sambil mempertajam arah serangan yang bakal dikeluarkan.

Berbicara tentang perubahan, Spartan Strike juga membuat beberapa perbaikan yang signifikan terhadap upgrade melalui Credit (mata uang dalam Halo). Dalam Strike, pemain bisa menggunakan Credit untuk melakukan upgrade terhadap senjata dan power-up untuk sebelum memulai setiap misi. Tak hanya itu, kini kalian juga bisa melakukan perubahan pada Skull untuk menambah tingkat kesulitan, yang mempengaruhi jumlah Credit yang dapat diperoleh. Sistem Skull sangat penting dalam game ini karena hanya melalui fitur inilah gamer bisa mengutak-atik tingkat kesulitan, akibat absennya general difficulty level yang bisa dipilih.

Screen Halo Spartan Strike 06

Di sisi lain, jumlah Credit yang diterima serta biaya untuk membeli senjata terasa berkurang dibanding dalam Spartan Assault. 6 misi pertama yang kalian mainkan terasa mudah untuk memperoleh Credit tanpa harus melakukan upgrade terhadap karaktermu. Tapi di level-level selanjutnya, kamu harus bersusah payah mencari Credit untuk melakukan costumization yang kini harganya cukup mahal. Hal ini tentu mengesalkan, karena kamu harus memperhitungkan berbagai hal untuk melakukan upgrade, padahal ada banyak senjata keren yang bisa di-upgrade supaya terasa lebih garang. Namun keterbatasan dan sulitnya mendapatkan Credit membuatmu harus meredam keinginan untuk meng-upgrade semua senjata milikmu.

Salah satu peningkatan yang sangat terasa adalah penekanan pada gameplay berbasis narasi dalam seluruh misi. Pada Spartan Assault, kamu hanya diberikan satu misi “besar” yang harus diselesaikan dalam setiap levelnya. Tapi dalam Spartan Strike, gamer bakal mendapatkan misi yang lebih dinamis karena mempunyai sejumlah objektif yang harus diselesaikan secara bertahap. Di samping ada asisten yang bakal memberikan arahan padamu untuk melakukan berbagai aksi atau sekedar memberikan info mengenai apa yang terjadi di sekitarmu. Mungkin terkesan seperti tambahan minor yang tidak terlalu penting, namun penambahan ini justru membuatmu seperti berada dalam situasi perang yang sebenarnya.

Wall Halo Spartan Strike 02

All is Good
Halo: Spartan Strike juga terlihat luar biasa erkat peningkatan kualitas visual yang tersaji di dalamnya. Gamer yang pernah memainkan Spartan Assault mungkin menganggap game tersebut sudah memiliki grafis yang keren, namun Spartan Strike bakal membuatmu lebih kagum lagi. Setiap ledakan yang terjadi terlihat spektakuler, belum lagi aksi peperangan antara pasukan sekutu dan musuhmu tampak lebih jelas dan tajam. Hal ini menambah keasyikan tersendiri untuk para pemain, apalagi jika kalian termasuk kalangan yang mementingkan kualitas grafis dalam sebuah game.

Ditambah dengan audio yang tak kalah mantap, didukung dengan musik dan efek-efek yang mantap di sepanjang permainan, Halo: Spartan Strike terlihat jauh lebih baik dalam berbagai bidang dibanding pendahulunya. Jadi untuk kalian yang mencari top-down shooter untuk perangkat mobile dengan kualitas yang mumpuni, Halo: Spartan Strike siap memenuhi ekspetasimu.

Overall Score: 8/10

Publisher: Microsoft Studios
Developer: 343 Industries, Vanguard Games
Genre: Shooter
Platform: iOS, Windows Phone
Price: iOS Rp69.000, Windows Phone Rp74.000




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.