Review Game PC – Nobunaga’s Ambition: Sphere of Influence

935
Nobunaga’s Ambition: Sphere of Influence adalah game “grand strategy” terbaru dari Koei Tecmo yang telah dikenal sebagai pembuat simulasi permainan historikal yang sangat adiktif. Pada awalnya saat pertama kali memulai game ini, mungkin kita dapat kewalahan menerima seluruh informasi yang diberikan dalam permainan. Karena banyak sekali hal-hal yang harus kita pelajari dan kuasai mulai dari awal bermain.

Nobunaga’s Ambition bukan sebuah game yang sederhana dan cukup sulit dikuasai. Namun setelah berhasil menguasai permainan ini, tanpa disadari dengan sendirinya, kalian akan sibuk menghabiskan waktu untuk bertarung melawan daimyo lainnya, dan berusaha menguasai seluruh wilayah Jepang dari malam hari sampai dengan subuh keesokan harinya!

nobunaga-02

Conquest & Domination
Dalam game ini, kamu mempunyai kesempatan untuk menjadi salah seorang pemimpin klan di Jepang yang dinamakan sebagai daimyo. Kamu bebas untuk bermain dengan memilih klan yang sesuai dengan sejarah, seperti Oda, Takeda, Date, dan lain sebagainya, atau kamu juga dapat memilih untuk menciptakan klan baru dan mencoba menguasai Jepang.

Bagaimana cara kamu menyatukan seluruh wilayah Jepang melibatkan beragam jenis konflik, politik, diplomasi, dan usaha mengurus klan milikmu sehingga menjadi klan yang paling dominan. Presentasi game ini menggunakan gaya visual yang retro dengan interface yang kelihatan rumit pada awalnya. Tutorial yang diajarkan tampil panjang dan mengharuskan para pemain supaya menyimak dengan benar. Hal ini mungkin terasa sangat rumit dan menuntut ketekunan bermain, tetapi memang inilah yang menjadi daya tarik utama Nobunaga’s Ambition.

nobunaga-03

Pada awal permainan, kamu dapat memilih beragam jenis skenario sehubungan dengan sejarah perang Jepang di masa Sengoku. Beberapa skenario menampilkan event-event sejarah Jepang yang terkenal seperti asal-usulnya Nobunaga Oda, pertarungan antara Shingen Takeda dan Kenshin Uesugi, dan tentu saja perang epik di Sekigahara yang sangat legendaris. Kamu juga bebas menentukan tingkat kesulitan melalui fitur “In-Game Editor”, sehingga kamu dapat menentukan sendiri mau sesulit atau semudah apakah sesi permainan yang diinginkan.

Mengurus klan dalam game ini membutuhkan perhatian terhadap detail-detail permainan. Setiap kota mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda, dan kamu harus memutuskan tugas-tugas apa saja yang harus didahulukan terlebih dahulu dalam mengembangkan kota-kota tersebut. Setiap kota mempunyai tiga kategori pengembangan, yaitu: Crafts, Agriculture, dan Conscript. Crafts adalah pengembangan kota yang memfokuskan kepada keuntungan ekonomi dan memperoleh pendapatan baru. Agriculture membuat kota milikmu semakin subur sehingga memperoleh hasil panen yang besar. Sedangkan Conscript menyuruh perwira kamu untuk merekrut para penduduk, agar kamu mempunyai pasukan yang cukup untuk bertarung.

nobunaga-01

Permainan Nobunaga’s Ambition terfokus kepada manajemen makro dimana kamu harus mengatur perekonomian dan menggunakan kemampuan diplomasi untuk menjalin hubungan, termasuk membangun pertahanan dan infrastruktur yang membuat kota kamu semakin kuat dan berkembang pesat. Seiring dengan jalannya permainan, perang akan menjadi bagian besar dalam game ini. Setiap pasukan yang kamu miliki masing-masing dikendalikan oleh perwira bawahanmu, tetapi sewaktu-waktu kamu juga dapat mengendalikan pasukan tersebut secara manual.

Mekanisme pertarungan berjalan real-time yang sedikit menyerupai permainan Total War, namun tampil lebih sederhana dan cukup mudah dikuasai. Kondisi lingkungan ikut mempengaruhi jalannya pertarungan, seperti berada di dalam hutan dapat membuat pasukanmu tidak diketahui oleh musuh, atau barikade di sekitar dapat menahan lajunya pasukan kuda musuh misalnya.

Setiap pasukan juga mempunyai skill yang berbeda-beda, tergantung dari tipe pasukan (Cavalry, Archer, Musket, dll) dan kemampuan perwira yang memimpin pasukan tersebut. Sebagai contoh: Karakter seperti Katsuie Shibata lebih ahli dalam memimpin pasukan berkuda dan bisa menggunakan skill “Charge” untuk menyerang musuh secara cepat. Sedangkan karakter jenius seperti Hanbei Takenaka dapat memberikan informasi palsu kepada pihak musuh sehingga mereka menjadi kebingungan saat bertarung.

nobunaga-12

The Cloud of Wars
Pada umumnya kamu dapat mengontrol semua diplomasi, politik, ekonomi, dan jalannya pengembangan di setiap kota. Tetapi seiring dengan klan yang bertambah besar dan semakin banyak kota-kota yang dikuasai, kamu dapat menciptakan region terpisah dan menyuruh perwira-perwira kepercayaan milikmu untuk mengurus kota-kota tersebut secara otomatis. Kamu juga dapat memperoleh berbagai macam keuntungan dari region-region yang dikuasai, seperti mengirimkan bala bantuan saat bertarung, atau menerima donasi uang dari kota-kota yang lebih makmur misalnya.

Diplomasi ikut mengambil bagian besar dalam game ini. Sistem diplomasi dalam Nobunaga’s Ambition tampil cukup unik, karena kamu harus mengutus salah satu bawahanmu untuk melakukan kunjungan ke klan lain dalam selang waktu berbulan-bulan lamanya. Selama kunjungan diplomasi ini, relasi hubungan akan semakin meningkat dan ditampilkan dalam perolehan angka point. Sebagai contoh: pada hubungan diplomasi yang bernilai 60 keatas, kamu dapat melakukan gencatan senjata dengan klan musuh, diplomasi 80 keatas membuat klan kamu dapat melakukan aliansi dengan klan lain.

nobunaga-09

Selain menjalin hubungan, kamu dapat melakukan beragam jenis aktivitas lain yang ikut mempengaruhi perkembangan klan tersebut. Mulai dari membangun fasilitas baru, mendirikan benteng pertahanan, membuat rute jalan yang lebih baik, sampai dengan melakukan koalisi dengan klan-klan lain untuk turut serta dalam sebuah perang yang berskala besar.

Nobunaga’s Ambition: Sphere of Influence adalah game yang adiktif dan penuh dengan elemen-elemen permainan yang kompleks. Secara keseluruhan, game ini mempunyai konsep permainan yang solid dan penuh dengan tantangan. Nobunaga’s Ambition: Sphere of Influence akan disukai para penggemar yang sering bermain dengan genre seperti ini.

Scoring: 8/10
Publisher: Koei Tecmo
Developer: Koei Tecmo
Genre: Strategy
Release: 01 September 2015
Platform: PC, PS3, PS4




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.