Review Game Super Mario Maker – Creating your own Mario game is actually fun!!

1221

Untuk sebagian gamer, menciptakan level permainan sendiri menjadi fitur yang sangat dinantikan dalam sebuah game karena dengan begitu, mereka dapat mencurahkan kreativitasnya dalam membuat “sesuatu yang berbeda”. Namun kadang prosesnya yang rumit sering menyulitkan dalam mewujudkan ide-ide yang ada di dalam kepala, ujung-ujungnya membuat kita frustasi dan akhirnya menyerah. Untungnya, hal tersebut tidak akan gamer alami dalam Super Mario Maker karena berkat interface yang sederhana, kalian bisa menciptakan level permainan segila mungkin tanpa menemui kesulitan yang berarti. Dan setelah selesai, kita dapat membagikan level buatanmu secara online agar dapat dinikmati oleh player lain maupun sebaliknya.

Wall Super Mario Maker 01

Setelah memilih tampilan yang ingin digunakan (mulai dari Super Mario Bros. orisinal hingga New Super Mario Bros.), tugasmu selanjutnya adalah mendesain layout level sesuai keinginanmu. Dan seperti yang telah disebutkan, interface yang simpel memudahkan kita untuk membentuk arena permainan. Ingin memasukkan beragam objek atau musuh ke dalam level buatanu? Tinggal drag and drop pada ikon yang ingin digunakan maka voila!…objek tersebut langsung muncul. Ingin menambah ukuran pipa, ukuran platform hingga jurang yang harus dilompati? Gampang koq, yang harus gamer lakukan hanya menggerakkan stylus untuk mengatur semua itu. Semua kemudahan ini membuat jalanya permainan terasa mengasyikkan dan bahkan bisa membuatmu lupa waktu!!

Screen Super Mario Maker 11

Di tangan gamer yang kreatif, mereka dapat menciptakan level permainan yang tidak hanya menantang bahkan sulit untuk dilalui. Bahkan tidak sedikit yang berhasil membuat level dengan tingkat kesulitan tinggi, yang hingga sekarang baru bisa diselesaikan oleh beberapa orang saja!! Perlu diperhatikan bahwa tidak semua objek langsung tersedia di awal permainan, di mana objek baru hanya muncul setiap 9 hari sekali. Hal ini memberi kesempatan bagi gamer untuk memahami semua objek yang kita miliki, dan tidak membebani pemain dengan pilihan objek dalam jumlah besar. Walau hanya menyajikan permainan platformer sederhana, namun Super Mario Maker membekali dirinya dengan beragam toolkits yang “dalam” namun mudah untuk dioperasikan.

Screen Super Mario Maker 05

Yang menarik, ternyata hal tersebut mampu menciptakan satu hubungan yang unik di mana para “produsen” berusaha membuat level yang sukar (tapi bukan tidak mungkin) untuk diselesaikan, sementara para “konsumen” justru berjuang untuk menundukkan level yang dimaksud. Contohnya dapat kalian temukan dengan mudah di internet, salah satunya dalam bentuk video yang di-posting di situs YouTube. Go ahead and see for yourself.

Overall Score: 8/10

Publisher: Nintendo
Developer: Nintendo EAD Group No. 4
Genre: Level Editor, Platformer
Release: September 2015
Platform: Wii U




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.