Review Game Tom Clancy’s The Division – Preserving order in a world full of chaos

1238

Menegakkan peraturan di tengah-tengah kekacauan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, tapi itulah tugas yang diemban oleh anggota Strategic Homeland Division, atau biasa disingkat Division. Dan kalian adalah salah satunya. Itulah sedikit gambaran mengenai cerita dalam The Division, game yang – sejak diumumkan tahun 2012 lalu. Sudah lama sekali memang, tapi melihat dari betapa ambisiusnya Ubisoft untuk menjadikan The Division sebagai game yang mumpuni dan menunjukkan potensinya sebagai sebuah permainan online shooter yang mantap!!

Screen The Division 02

Living on the Edge
Bagi yang bingung dengan kata online yang disebutkan di atas, The Division memang disesain sebagai sebuah MMO di mana kita dapat bermain bersama player lain dari seluruh dunia. Dan sebagai agen Division, tugas utamamu adalah memulihkan kembali tatanan masyarakat dengan jalan menegakkan hukum di berbagai tempat yang menjadi setting utama permainan seperti Manhattan, Brooklyn, Washington DC, dan lain sebagainya.

Bukan hal yang mudah tentunya, karena di tiap tempat terdapat berbagai kelompok yang berusaha untuk menjadi penguasa, dan mereka tentu tidak akan menyukai keberadaan kalian!! Contohnya adalah Rikers, para tawanan yang melarikan diri dari penjara terbesar di New York yakni Rikers Island; Cleaners yang berusaha untuk memusnahkan virus Black Friday dengan segala cara serta membekali diri dengan equipment yang lengkap; para NPC yang memanfaatkan kekacauan ini untuk menjalankan berbagai aksi kriminal yakni Thugsm, serta masih banyak lagi. Selain melawan mereka, tantangan lain yang harus kalian hadapi adalah mencari sendiri resource yang dibutuhkan untuk bertahan hidup seperti makanan, minuman, hingga amunisi bagi senjatamu.

Melihat beratnya tugas yang harus jalankan, tentu wajar kalau gamer memilih untuk bekerjasama dengan player lain demi memperbesar kans untuk bertahan hidup. Tapi jika merasa pede, kalian juga bisa koq beraksi sendirian.

Screen The Division 03

Gear Up, Soldiers!!
Sebelum terjun ke medan perang, pertama-tama kalian dapat mempersiapkan jagoanmu dengan memberikan equipment serta memilih skill yang ingin dipakai. Tersedia 6 kategori senjata yang bisa kalian gunakan selama dalam permainan seperti pistol, shotgun, assault rifle, SMG dan lain-lain, dan nantinya kalian dapat meng-customize senjatamu dengan menambahkan beragam attachment (scope, grips, launcher, sight) hingga merubah warnanya supaya tersamar dari deteksi musuh. Satu hal yang harus gamer perhatikan: tiap senjata memiliki level tersendiri sehingga hanya player dengan level tinggi saja yang dapat menggunakan senjata berkekuatan tinggi, sementara yang masih newbie harus puas dengan senjata “alakadarnya” (meski tetap mantap). Melalui sistem ini maka setiap pemain tentu bakal terpacu untuk meningkatkan level mereka supaya dapat menjadi agen Division yang lebih tangguh lagi!!

Screen The Division 14

The Division menampilkan sejumlah character class yang bisa dipilih, tapi sifatnya lebih fleksibel karena gamer tidak akan menemukan hal-hal yang “membatasi” setiap kelas sehingga kita bisa menggunakan equipment maupun skill yang ingin digunakan dengan bebas. Berbicara mengenai skill, nantinya gamer bisa menemui 28 jenis skill yang dapat digunakan dan masing-masing memberikan keuntungan tersendiri. Contohnya adalah Automated Turret, di mana kalian dapat memakai turret untuk menembaki musuh yang masuk ke dalam jangkauan serangannya. Lalu ada pula Pulse yang membuatmu bisa mengirimkan sonar untuk mendeteksi berbagai hal (baik target atau musuh) dalam radius 60 meter meski terhalang tembok sekalipun. Sementara Optical Cloak mampu membuat karaktermu menghilang dari pandangan ketika berjongkok atau bergerak lambat. Yang menarik, setiap skill memiliki 3 level upgrade yang bisa kalian capai sehingga membuat kemampuannya lebih dahsyat lagi. Automated Turret misalnya, di mana nantinya turret-mu dapat menembakkan Incendiary Bullet atau Flamethrower, sedang Seeker Mine dapat melontarkan Mortar, Flashbang maupun amunisi lain. Dengan begitu, tergantung dari upgrade yang dipilih, setiap pemain bakal mempunyai kemampuan yang bervariasi sehingga bisa menghadapi beragam situasi peperangan.

Screen The Division 12

Step Into the Dark Zone
Selain permainan cooperative, The Division juga menyertakan mode competitive berupa Dark Zone, di mana para pemain bakal bertarung di sebuah arena yang diselimuti oleh virus nan pekat. Keunikan mode ini adalah adanya keseimbangan antara bahaya dan reward, di mana meski resiko kehilangan nyawa menjadi lebih besar di lokasi tersebut, tetapi sebagai kompensasinya gamer dapat memperoleh loot yang lebih mantap ketimbang di area biasa. Dan untuk mengurangi resiko hilangnya item yag diperoleh (jika karaktermu mati di Dark Zone), kita bisa memanggil helikopter untuk menjemputmu. Tantangan menarik yang sulit untuk dilewatkan begitu saja!!

Publisher: Ubisoft
Developer: Ubisoft, Red Storm Entertainment
Genre: Action
Release: 8 March 2016
Platform: PC, PlayStation 4, Xbox One




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.